Sukses


Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Lembaga sosial adalah lembaga yang anggotanya terdiri dari masyarakat yang berkumpul menjadi satu kesatuan karena adanya satu kesamaan visi dan misi.

Setiap anggota yang masuk suatu lembaga sosial akan terikat dengan peraturan yang dibuat dan harus dipatuhi. Jadi, lembaga sosial yang ada bersifat mengatur tentang bagaimana individu harus bertindak, berperilaku serta beraktivitas sehari-hari.

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan adanya lembaga sosial, di mana interaksi sosial dapat terjadi di dalamnya. Dengan adanya lembaga sosial akan tercipta keteraturan sosial dalam hidup bermasyarakat.

Tak hanya itu, lembaga sosial juga menjadi pedoman individu dalam bersikap serta memberikan batas-batas dalam bertingkah laku agar individu tidak menyimpang

Masing-masing lembaga sosial dibentuk atas dasar fungsi dan tujuan yang berbeda antara satu lembaga dengan lembaga lainnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai lembaga sosial, bisa memahami pengertian dari para ahli, fungsi, dan jenis-jenisnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian lembaga sosial menurut para ahli, fungsi hingga jenis-jenisnya, seperti dilansir dari laman Dosenpendidikan dan Kemdikbud.go.id, Rabu (9/6/2021).

2 dari 5 halaman

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli

  • Koentjaraningrat

Lembaga sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas sosial untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

  • Leopold Von Weise dan Becker

Lembaga sosial adalah jaringan proses hubungan antarmanusia dan antarkelompok yang berfungsi memelihara hubungan itu beserta pola-polanya yang sesuai dengan minat kepentingan individu dan kelompoknya.

  • Robert Mac Iver dan C.H. Page

Lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.

  • Soerjono Soekanto

Lembaga sosial adalah himpunan norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.

  • Peter L. Berger

Lembaga sosial adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

  • Mayor Polak

Lembaga sosial adalah suatu kompleks atau sistem peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai penting.

  • W. Hamilton

Lembaga sosial adalah tata cara kehidupan kelompok, yang apabila dilanggar akan dijatuhi berbagai derajat sanksi.

3 dari 5 halaman

Fungsi Lembaga Sosial

Fungsi lembaga sosial adalah sebagai pedoman masyarakat dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas di kehidupan sehari-harinya. Tak hanya itu, lembaga sosial juga berfungsi sebagai penyatu individu-individu yang ada di lingkungan kehidupan masyarakat.

Lembaga sosial biasanya dijadikan sebagai tempat belajar sekaligus sebagai penegak berbagai macam tindakan yang dilakukan masyarakat. Selain itu, lembaga sosial merupakan wadah tempat bersatunya masyarakat yang ada di sekitar lembaga sosial tersebut.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

  • Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga merupakan lembaga sosial yang terkecil, yang terbentuk atas dasar perkawinan dan hubungan darah. Meski lembaga keluarga merupakan yang paling kecil, memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan manusia.

  • Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan dengan tujuan mengubah tingkah laku individu ke arah yang lebih baik.

Lembaga pendidikan dapat dikatakan sebagai lembaga sosial lanjutan setelah keluarga. Penyelenggaraan pendidikan sekolah dilaksanakan melalui dua jalur, yaitu pendidikan sekolah dan luar sekolah.

Lembaga pendidikan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal.

  • Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah lembaga yang mempunyai kegiatan di bidang ekonomi agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. Lembaga ekonomi bagian dari lembaga sosial yang mengatur hubungan antarmanusia dalam pemenuhan kebutuhan pokok.

Lembaga ekonomi bertujuan mengatur bidang-bidang ekonomi dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

  • Lembaga Agama

Lembaga agama adalah lembaga yang mengatur mengenai kehidupan manusia dalam beragama. Lembaga agama merupakan sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat.

Agama sangat penting untuk menyeimbangkan kehidupan manusia, yaitu antara kehidupan dunia dan akhirat. Pendidikan agama menuntun individu untuk berperilaku baik terhadap sesama manusia, mahkluk hidup lain, dan alam sekitar.

  • Lembaga Politik

Lembaga politik adalah suatu bentuk kegiatan dalam suatu kelompok masyarakat yang proses pembentukan dan pembagian kekuasaannya ditentukan oleh kelompok masyarakat itu sendiri.

Lembaga politik dapat berbentuk pemerintahan yang berperan sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban, serta melayani dan melindungi masyarakat.

  • Lembaga Budaya

Lembaga budaya adalah lembaga publik dalam suatu negara yang berperan dalam pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, seni, lingkungan, dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah atau negara.

Lembaga-lembaga kebudayaan, baik yang berbentuk lembaga swadaya masyarakat (LSM), sanggar, atau paguyuban merupakan elemen lain yang dapat berperan serta dalam pelestarian seni dan budaya.

 

Sumber: DosenPendidikan, Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer