Sukses


6 Cara Menghilangkan Bruntusan di Area Wajah, Alami dan Cepat

Bola.com, Jakarta - Bruntusan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, umumnya disebabkan oleh alergi, digigit serangga, cuaca, polusi udara, infeksi, tidak tahan bahan kimia, atau saat sedang melakukan pengobatan tertentu.

Penampilan permukaan kulit yang bruntusan, rasanya tak nyaman dan pastinya membuat kesal. Belum lagi kalau ditambah dengan masalah kulit wajah lainnya.

Baik pada wanita maupun pria, bruntusan bisa muncul kapan saja, terutama bila Anda memiliki kulit sensitif atau kotor.

Wajah yang bruntusan bisa merusak tekstur kulit menjadi tidak halus dan lembut.

Agar bruntusan tidak semakin menjadi-jadi, mengapa tidak mencoba mencari cara mengatasi dan menghilangkan masalah kulit ini dengan cepat dan alami?

Nah, berikut beberapa cara menghilangkan bruntusan di area wajah yang bisa solusi Anda, seperti dikutip dari laman Klikdokter dan Fimela, Selasa (8/6/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bruntusan di Area Wajah

1. Banyak minum air putih

Hati-hati, kulit bisa dehidrasi. Jadi, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh, kulit akan menjadi lebih lembap, kenyal, dan masalah bruntusan bisa diatasi dengan mudah.

2. Kayu manis

Cara selanjutnya menghilangkan bruntusan, yakni dengan memanfaatkan kayu manis. Bahan alami ini efektif menghilangkan ruam atau bruntusan pada wajah. Bruntusan akan memudar dan wajah kembali cantik alami.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan sesendok teh jus lemon dengan sesendok teh bubuk kayu manis. Larutan ini siap Anda oles merata ke area wajah yang bruntusan. Biarkan dulu kira-kira 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan 1-2 kali dalam seminggu. Tidak perlu khawatir karena cara ini cukup aman bagi kulit wajah yang sensitif sekalipun.

3 dari 5 halaman

Oatmeal

3. Oatmeal

Selain kayu manis, Anda bisa memanfaatkan oatmeal yang mengandung bahan antioksidan. Oatmeal ampuh mengatasi iritasi, memberikan efek mendinginkan serta membuat kulit jadi lebih lembut.

Cara membuatnya:

  • Campurkan oatmeal dengan air hangat dan biarkan mekar.
  • Kemudian diamkan sejenak sampai agak dingin.
  • Aplikasikan pada wajah atau kulit bagian lain yang mengalami bruntusan.
  • Biarkan selama 30 menit kemudian baru dibilas dengan air dingin.

4. Rajin membersihkan wajah

Tidak sedikit orang yang masih malas membersihkan wajahnya setelah pergi seharian dari luar. Hal ini membuat kotoran menumpuk di area wajah dan berujung pada timbulnya bruntusan. Itulah mengapa, Anda wajib mencuci muka setiap pulang dari luar rumah.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bruntusan di Area Wajah

5. Air dingin dan lemon

Cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami berikutnya ialah dengan menggunakan air dingin dan lemon. Air dingin akan memberikan sensasi dingin yang membantu meredakan gatal karena menenangkan sel syaraf.

Itulah mengapa, apabila bruntusan terasa gatal, jangan digaruk. Lebih baik dikompres dengan air dingin sampai rasa gatal mereda.

Lemon juga ampuh untuk mengatasi gatal dan berperan sebagai antiseptik serta anti peradangan. Cukup iris tipis lemon, kemudian aplikasikan di area wajah yang bruntusan. Biarkan sejenak dan rasa gatal akan terasa berkurang, kulit juga akan terasa lebih dingin.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bruntusan di Area Wajah

6. Minyak cengkeh dan lidah buaya

Cara menghilangkan bruntusan dengan secara alami ialah dengan memanfaatkan minyak cengkeh dan lidah buaya. Perlu diketahui, minyak cengkeh mengandung bahan eugenol yang mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit.

Sebelum mengaplikasikannya di wajah yang mengalami bruntusan, lebih baik dicampur dengan sedikit air terlebih dahulu. Lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan untuk meredakan bruntusan pada kulit wajah.

Lidah buaya yang kaya vitamin E ini, ampuh mengatasi luka bakar dan gatal akibat iritasi. Cara menggunakannya cukup mudah.

Cukup aplikasikan gel lidah buaya di area yang gatal. Kemudian bilas dengan air dingin. Apabila Anda tidak ingin ribet, Anda bisa membeli gel lidah buaya di apotik atau toko obat terdekat.

 

Sumber: Klikdokter, Fimela.com (Penulis: Imelda Rahma, Editor: Ayu Puji Lestari. Published: 4/11/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer