VIDEO: Persiapan Atlet Surfing Indonesia, Rio Waida untuk Olimpiade Tokyo Setelah Pulang dari El Salvador

Oleh Okie Prabhowo pada 08 Jun 2021, 18:28 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 18:28 WIB

Bola.com, Jakarta - Atlet surfing Indonesia, Rio Waida, akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Kini dirinya masih berada di El Salvador untuk ISA World Surfing Games (WSG) 2021.

Kepastian tampil di Olimpiade itu diumumkan Asosiasi Selancar Internasional (ISA) melalui laman resminya, Minggu (6/6/2021) WIB. Rio Waida akan berjuang di Olimpiade setelah dua peselancar Jepang Shun Murakami dan Hiroto Ohhara harus berebut satu slot tersisa pada hari terakhir Surf City El Salvador ISA World Surfing Games 2021, Murakami turun di main event dan Ohhara di repechange.

Berdasarkan aturan kualifikasi Olimpiade, satu negara hanya boleh diwakili dua peselancar. Jepang sudah memiliki satu wakil yakni Kanoa Igarashi yang mendapat tempat karena masuk 10 besari di WSL (World Surfing League).

Saat itu, Murakami mendapat jatah tiket kontinental zona Asia setelah menempati ranking empat di final WSG di Miyazaki, Jepang. Sementara, Rio di posisi sembilan tetapi menjadi peselancar terbaik kedua dari Asia di WSG 2019. Alhasil, Rio mendapat tiket ke Olimpiade karena apa yang terjadi terkait kuota atlet Jepang.

Syarat kualifikasi yang ditetapkan ISA tidak mudah. Syaratnya yaitu hanya 20 peselancar terbaik di dunia yang diperbolehkan tampil pada debut surfing di Olimpiade, di mana 10 tiket diberikan khusus kepada peselancar yang masuk top ten ranking WSL (World Surfing League) dan sisanya diperebutkan melalui kualifikasi.

Surfing di Olimpiade Tokyo 2020 akan mempertandingkan dua nomor yakni shortboard putra dan putri. Perlombaan akan diselenggarakan di Pantai Shidashita yang berjarak 64 km dari Tokyo. Rio Waida akan tampil di nomor shortboard putra.