Sukses


Macam-Macam Planet di Tata Surya, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Planet adalah benda langit yang berada di tata surya. Dalam tata surya tersebut, planet mengorbit mengelilingi matahahari.

Tata surya merupakan kumpulan benda langit dengan matahari sebagai pusatnya. Tata surya mengorbit pusat Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 515.000 mph.

Tata surya membutuhkan sekitar 230 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit di sekitar pusat galaksi. Susunan tata surya terdiri dari Matahari dan keluarga benda antariksa yang mengelilinginya.

Selain Matahari, anggota terbesar yang berada di tata surya adalah planet. Ada delapan planet yang beredar mengelilingi Matahari.

Planet dalam sistem tata surya telah mengalami perubahan urutan setelah Pluto tak lagi diakui sebagai planet. Penting untuk mengetahui delapan planet tersebut.

Apa saja delapan planet yang terdapat di tata surya?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam planet di tata surya beserta penjelasannya, dilansir dari laman Sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id, Rabu (9/6/2021).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Planet

Mercurius

Mercurius adalah planet dalam yang terkecil dan termasuk paling dekat dengan Matahari, jarak rata-rata ke Matahari 58 juta km, dan memiliki garis tengah 4.880 km.

Mercurius tidak mengandung atmosfer, suhu disekitar planet berkisar antara -200 C - +400 C. Grafitasi mercurius kurang lebih hanya sepertiga kali grafitasi bumi.

Venus

Planet Venus merupakan planet terdekat dengan Bumi yang memiliki garis tengah 12.104 km. Jarak rata-rata dari Venus ke Matahari 106 km, gravitasi venus 2300 dan tekanan udaranya 20 atmosfer.

Dalam peredarannya, Venus memerlukan waktu 225 hari untuk mengelilingi Matahari.

Permukaan Venus ditutupi awan tebal sehingga mencapai 48 km. Venus menjadi planet terpanas dan memiliki suhu rata-rata 460° C.

Bumi

Bumi merupakan planet urutan ketiga, dan satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup. Bumi terbuat dari batu dan merupakan satu-satunya planet yang airnya berbentuk cair.

Bumi membutuhkan 365 hari untuk mengelilingi Matahari. Planet Bumi memilki satelit yaitu Bulan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Planet

Mars

Mars adalah termasuk planet luar dilihat dari lintasannya antara Bumi dan Matahari. Seperti halnya Venus, Mars termasuk planet yang terdekat dengan Bumi.

Adapun jarak rata-rata planet Mars dengan Matahari 228 km. Mars beredar mengelilingi Matahari dalam waktu 687 hari, waktu rotasinya 24 jam 37 menit 21 detik.

Mars mempunyai warna kemerahan dan kadang disebut 'Planet Merah'.

Jupiter

Jupiter adalah merupakan planet terbesar di tata surya. Jupiter mempunyai diameter 130 ribu km.

Jupiter berada lima kali lebih jauh dari Matahari dibanding Bumi dan membutuhkan waktu hampir 12 tahun untuk mengelilingi Matahari.

Jarak rata-rata Jupitar ke matahari kurang lebih sekitar 778 juta km. Struktur Jupiter hamper sama dengan Matahari, yang kebanyakan terdiri dari hidrogen serta campurannya adalah NH3, amoniak, helium, dan metan.

Saturnus

Planet Saturnus planet besar kedua setelah Jupiter. Jarak rata-rata dari Saturnus ke Matahari sekitar 1.426 juta km.

Saat revolusi, planet ini membutuhkan waktu 29,5 tahun. Saturnus memiliki 17 satelit, dan yang paling menonjol adalah Titan, Tethys, Rea, Dione. Selain itu, Saturnus mempunyai tiga cincin yang indah.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Planet

Uranus

Planet Uranus mempunyai jarak rata dengan Matahari sekitar 2.869 juta km. Uranus beredar mengelilingi Matahari dalam waktu 84 tahun dengan kecepatan rotasinya 11 jam.

Planet ini berdiameter 49.700 km, dan pada planet ini ditemukan unsur helium, hidrogen, dan metan. Planet ini mempunyai lima satelit, yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.

Keistimewaan planet ini letak sumbu rotasinya sebidang dengan bidang revolusi.

Neptunus

Planet Neptunus merupakan planet terjauh dengan Matahari. Jarak dari Neptunus ke Matahari sekitar 4.495 juta km.

Neptunus beredar mengelilingi Matahari dalam waktu 165 tahun dengan waktu rotasinya 15 jam. Satelit yang dimiliki Neptunus ada dua, yaitu Triton yang berdiameter 4.000 km, dan Nereid dengan diameter 2.000 km.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer