Sukses


11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Mudah, dan Murah

Bola.com, Jakarta - Hidung tersumbat dapat membuat Anda merasa tidak nyaman bahkan bisa menggangu Anda dalam beraktivitas. Pada saat mengalami hidung tersumbat, Anda akan alami kesulitan untuk bernapas.

Banyak penyebab yang membuat Anda mengalami hidung tersumbat. Gangguan bisa disebabkan iritasi karena menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan atau paparan asap rokok.

Penyebab lain dari hidung tersumbat atau mampet adalah terjadinya peradangan di saluran pernapasan sehingga struktur di dalam hidung mengalami pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat flu (selesma), alergi, maupun infeksi sinus (sinusitis).

Hidung tersumbat merupakan masalah yang sering dianggap sepele dan kebanyakan orang akan mengonsumsi obat flu atau pereda hidung tersumbat untuk meredakannya.

Padahal masih banyak cara-cara yang lebih alami untuk mengatasinya sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan.

Mengonsumsi obat-obatan bisa menimbulkan efek samping berbahaya di kemudian hari. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan cara-cara alami serta tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk mengatasinya.

Berikut cara menghilangkan hidung tersumbat secara alami, mudah dilakukan, dan murah, seperti dikutip dari Klikdokter dan Merdeka, Rabu (9/6/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

1. Mandi air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat pertama adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Hal ini akan membantu mengencerkan lendir serta mengurangi peradangan di sinus.

Meski tidak menjamin akan menghilangkan hidung mampet seutuhnya, mandi air hangat akan membuat Anda merasa lebih nyaman selama beberapa saat.

2. Cukupi asupan cairan

Hidrasi atau kecukupan cairan adalah satu di antara kunci untuk mengatasi hidung tersumbat. Jadi, pastikan Anda selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari, khususnya saat hidung sedang mampet.

Cairan akan membantu mengatasi peradangan serta mengencerkan dahak sehingga pernapasan akan terasa lebih lega. Anda dapat menggunakan air dengan suhu biasa atau air hangat.

3. Kompres hangat pada hidung

Satu di antara cara alami selanjutnya mengatasi hidung tersumbat yang sederhana adalah dengan melakukan kompres hangat pada bagian hidung dan wajah.

Kompres hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat sinusitis dan melegakan hidung. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan waslap yang dibasahi air hangat.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

4. Pijat hidung dan pipi

Untuk mengatasi hidung tersumbat, Anda dapat melakukan pijat hidung dan pipi. Tindakan ini dapat dilakukan bersamaan atau setelah Anda mengompres hangat di area tersebut.

Lakukan pijatan dengan jari telunjuk. Pijat bagian tepi hidung selama 30 detik dan diulang sampai beberapa kali hingga Anda merasa lebih baik.

5. Semprot hidung dengan air garam

Langkah lain untuk mengatasi hidung tersumbat adalah melakukan semprot hidung dengan air garam. Anda dapat menggunakan produk nasal saline spray yang memang mengandung air garam (saline). Cairan garam dapat membantu mengencerkan lendir serta melembapkan saluran pernapasan.

6. Hirup uap rebusan air

Cara menghilangkan hidung mampet berikutnya adalah dengan menghirup uap panas dari air rebusan. Anda dapat menggunakan air biasa atau air yang sudah dicampurkan herbal, misalnya daun mint, atau diteteskan dekongestan alami, seperti minyak kayu putih.

7. Konsumsi makanan hangat

Konsumsi sup hangat juga dapat membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat. Uap yang keluar dari sup bisa melegakan saluran pernapasan Anda.

8. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam merupakan satu di antara cara mudah mengatasi hidung tersumbat, khususnya bila disertai keluhan lendir kental di belakang tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

9. Jahe

Cara menghilangkan hidung tersumbat bisa dengan memanfaatkan jahe. Pasalnya, jahe terkenal memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri. Hal ini menjadikan konsumsi jahe mampu melegakan hidung tersumbat dengan efektif.

Konsumsi jahe dengan mencampurkan madu dan lemon. Jahe ampuh menghilangkan racun berlebihan dalam tubuh. Sementara madu dan lemon akan membuat rasa jahe lebih bisa dinikmati dan tidak terlalu pedas.

Ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

10. Cuka apel

Satu di antara khasiat dari cuka apel yakni dapat melegakan hidung tersumbat. Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek karena ampuh encerkan lendir. Hanya, porsinya harus diperhatikan. Jangan berlebihan dan jangan kurang.

11. Teh herbal

Selain cuka apel, ada pula teh herbal yang  bisa dipakai sebagai cara menghilangkan hidung tersumbat. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon. Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sensasi hangatnya mampu legakan saluran pernapasan.

 

Sumber: Klikdokter, Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 28/10/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer