Sukses


Gelorakan Sports Tourism, Event Balap Sepeda Tingkat Nasional Digelar di Manado

Bola.com, Jakarta - Manado akan menggelar event balap sepeda tingkat nasional bertajuk The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 pada 3-4 Juli mendatang. Ajang tersebut didukung oleh Transvision demi membantu pemerintah dalam menggiatkan kegiatan sport tourism.

The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 rencananya bakal dikuti lebih dari 100 pesepeda dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengembalikan kembali gairah dari sektor pariwisata, sekaligus mengobati rasa rindu masyarakat terhadap event balap sepeda.

Panitia penyelenggara punya alasan khusus menggelar ajang tersebut di Manado, Sulawesi Utara. Hal itu dikarenakan Manado merupakan satu dari lima destinasi super prioritas yang ditetapkan pemerintah untuk mendukung sport tourism.

"Transvision berharap kegiatan wisata olahraga melalui The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 dapat meramaikan dan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi. Ini adalah rangkaian pertama dari lima kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun 2021," kata Direktur Utama Transvision, Peter Gontha, dalam rilis yang diterima Bola.com, Rabu (9/6/2021).

Meskipun berstatus event sepeda tingkat nasional, tak ada kriteria khusus terkait jenis sepeda yang harus digunakan pada The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021.

Masyarakat dipersilakan menggunakan segala jenis sepeda mulai dari sepeda balap, sepeda lipat, BMX, dan lainnya. "Peserta juga tidak dibatasi, siapapun boleh ikut. Turis mancanegara juga silakan kalau mau ikut," tegas Peter.

Selain di Manado, event ini nantinya juga akan digelar di empat daerah lainnya di Indonesia semisal Danau Toba (Sumatera Utara), Candi Borobudur (Jateng), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT).

The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 rencananya akan dibuka secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Gelorakan Sport Tourism dan Amal

The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 akan melalui rute yang indah sepanjang 90 km. Para pesepeda akan melalui tepian Danau Tondano yang diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Untuk mengikuti event ini para peserta cukup membayar Rp450 ribu.

Nantinya, para peserta akan mendapatkan satu set cycling kit berupa jersey, string bag, stiker, e-Bib, medali serta e-certificate. Uniknya, hasil penjualan tiket akan disumbangkan untuk program PIJAR, yaitu pendampingan guru oleh relawan selama satu tahun mengabdi di pelosok yang dikelola sepenuhnya oleh CT Arsa Foundation.

Secara tidak langsung, setiap The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 ini telah mengambil bagian dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan anak bangsa dan menurunkan tingkat kemiskinan.

Video Populer

Foto Populer