Sukses


Cara Ampuh Mengatasi Kulit Kering pada Wajah dan Kenali Penyebabnya

Bola.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah yang sehat dan bercahaya tentunya adalah idaman bagi setiap orang, terutama bagi mereka kaum wanita yang sangat memerhatikan penampilan tubuh.

Tidak heran permasalahan seperti kulit kering menjadi momok tersendiri, dan beragam cara akan dilakukan untuk mengatasinya.

Pasalnya, kulit kering terutama yang terjadi pada wajah, bisa menyebabkan kepercayaan diri seseorang menurun karena mengganggu penampilan.

Permasalahan kulit kering ini biasanya diakibatkan oleh akumulasi kulit kering di beberapa bagian. Untuk mengatasinya, kulit membutuhkan asupan nutrisi yang teratur.

Asupan nutrisi pada kulit bisa didapatkan melalui pelembab. Pemakaian pelembab secara teratur dapat menghindarkan kulit dari dehidrasi yang menjadi satu di antara penyebab kulit kering.

Selain itu, kulit kering juga kerap disebabkan oleh cuaca dingin yang cukup ekstrem serta pemakaian rias wajah atau kosmetik yang berlebihan.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kulit kering, berikut cara mengatasi kulit kering pada wajah dan penyebabnya, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (10/6/2021).

2 dari 4 halaman

Penyebab Kulit Kering pada Wajah

1.  Cuaca dingin dan kelembapan udara rendah

Kondisi ini biasanya bukan masalah besar bagi negara tropis seperti Indonesia. Indonesia, satu di antara negara tropis dengan kelembapan udara tergolong tinggi. Namun, seiring meningkatnya penggunaan pendingin udara, risiko kulit kering makin meningkat.

Suhu AC terlalu dingin dapat menyebabkan lingkungan kurang lembap dan membuat kulit menjadi kering bila terlalu sering berada dalam ruangan.

2.  Mandi dengan air terlalu panas

Kebiasaan mandi menggunakan air yang telalu panas dapat menyebabkan kelembapan alami kulit mudah hilang dan membuat kulit mudah kering. Dalam hal ini, pastikan temperatur air mandi Anda tidak terlalu panas agar kelembapan kulit tetap terjaga.

3.  Mandi terlalu lama

Kebiasaan ini dapat membuat makin banyak air yang menguap. Kulit memang melakukan kontak langsung dengan air ketika mandi. Namun, setelah mandi, air di permukaan kulit wajah justru menguap dan berisiko membuat kulit kering.

Untuk menjaga kelembapan kulit, batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit saja.

4.  Penggunaan sabun atau bahan antiseptik berlebihan

Penyebab yang sering kali membuat kulit wajah kering adalah kebiasaan penggunaan sabun atau bahan antiseptik yang berlebih. Hal ini membuat kulit menjadi kesat. Rasa kesat setelah mandi bukan berarti kulit bersih melainkan lapisan minyak alami kulit hilang dan kulit menjadi kering.

Makin sering terkena sabun, makin banyak lapisan minyak pada kulit yang hilang. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda berlebihan menggunakan bahan antiseptik.

5.  Terlalu sering menggosok kulit wajah (scrubbing)

Scrubbing diperlukan agar kulit mati bisa hilang, namun terlalu sering menggosok kulit wajah justru membuat permukaan kulit menjadi rusak.

Penggunaan alat bantu mandi seperti spon scrubbing memang membuat kulit terasa lebih bersih. Namun, alangkah baiknya scrubbing hanya dilakukan seminggu sekali.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kering pada Wajah

1.  Menyikat kering dan mencuci kulit dengan air dingin

Mandi air panas memang menyenangkan, namun hal ini sekaligus membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, cara mengatasi kulit kering adalah dengan menyelesaikan mandi dengan menggunakan air dingin.

Pasalnya, air dingin akan merangsang sistem saraf tubuh. Selain itu, sikat kering bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengelupas kulit

2.  Bergerak atau berolahraga

Selain melakukan perawatan, cara mengatasi kulit kering lainnya adalah dengan bergerak atau berolahraga. Kardio akan meningkatkan detak jatung, memompa darah lebih cepat melalui pembuluh darah, dan menyuplai lebih banyak oksigen ke dalam sel.

3.  Memperbanyak mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih

Satu di antara cara mengatasi kulit kering secara alami, yakni dengan membenahi apa saja makanan yang dikonsumsi. Jika selama ini Anda kurang menyukai sayuran dan buah-buahan, mulai sekarang perbanyak mengonsumsi jenis makanan tersebut.

Selain itu, rajin mengonsumsi air putih agar kulit terhidrasi dengan baik. Hal ini tak hanya membuat masalah kulit kering teratasi, namun Anda pun akan menjadi lebih segar.

4.  Mengonsumsi cranberry

Cranberry terkenal dapat memberikan hidrasi bagi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering secara alami, yakni dengan minum segelas jus cranberry setiap hari.

Selain itu menambahkan satu sendok teh bubuk akar dandelion dapat membantu mengeluarkan garam berlebih dalam tubuh yang cenderung menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. 

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kering pada Wajah

5.  Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan satu di antara bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan kulit kering.

Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan lidah buaya adalah menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya. Krim ini dapat melumasi daerah yang mengalami kulit kering.

6.  Masker alpukat

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan alpukat sebagai masker. Gunakan campuran alpukat dan madu sebagai perawatan kulit kering.

Asam lemak dalam campuran alpukat memiliki sifat alami antibakteri. Sedangkan madu dapat menghidrasi kulit kering untuk melawan noda.

7.  Menggunakan minyak kelapa

Cara mengatasi kulit kering berikutnya ialah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan satu di antara bahan herbal yang sederhana nan ekonomis guna memerangi kulit kering.

Jika Anda mengalami kulit kering, minyak kelapa dapat dioleskan pada bagian tersebut. Tak hanya kulit, jika mengalami bibir kering, Anda dapat mengoleskannya pada bagian tersebut. Minyak kelapa memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

8.  Teh hijau

Kulit kering dapat diatasi dengan menggunakan teh hijau, minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E, dan minyak lavender. Kombinasi teh hijau dengan satu di antara minyak essensial tersebut dapat menenangkan kulit kering serta kulit sensitif yang sedang mengalami iritasi.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi. Editor: Fadila Adelin. Published: 21/4/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer