Sukses


Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami, Ampuh tanpa Perlu Dokter

Bola.com, Jakarta - Gigi dan mulut adalah satu di antara organ dalam sistem pencernaan yang harus dijaga kesehatannya dengan baik setiap waktu.

Hal tersebut karena gigi dan mulut adalah organ yang pertama melakukan kontak secara langsung dengan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Dengan begitu, bagian mulut terutama pada gigi, sangat rentan terdapat kotoran sisa makanan yang dapat memicu munculnya bakteri.

Apabila tidak dibersihkan secara teratur, kotoran yang tersisa pada gigi akan menjadi plak dan jika dibiarkan lebih lama akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

Karang gigi yang dibiarkan dan tidak segera dihilangkan akan memberikan risiko buruk tersendiri bagi kesehatan gigi, satu di antaranya menyebabkan gigi menjadi goyang dan berlubang.

Selain itu, karang gigi membuat gigi menjadi terlihat kotor dan hitam, yang memicu sebagian orang menjadi kurang percaya diri.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi, satu di antaranya dengan menggunakan cara alami yang tidak memiliki efek samping.

Berikut cara membersihkan karang gigi secara alami, yang dapat diterapkan di rumah, seperti dikutip dari Klikdokter, Kamis (10/6/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

1. Menyikat Gigi  

Sikat gigi Anda sebanyak dua kali sehari dan cukup dilakukan selama dua menit. Cara ini terbukti efektif dalam membersihkan gigi dari sisa makanan, plak gigi, maupun debris. Jangan lupa juga untuk menyikat lidah supaya bebas dari bau mulut.

2. Menggunakan Pasta Gigi dengan Flouride

Dalam membiasakan menyikat, juga harus memperhatikan kandungan zat yang terdapat dalam pasta gigi. Pasta gigi yang baik adalah yang mengandung fluoride. Kandungan ini dapat memperkuat lapisan enamel gigi serta dapat mengurangi risiko pembusukan akibat makanan dan minuman asam.

Bukan hanya itu, kandungan fluoride berguna untuk membantu proses perbaikan gigi yang rusak secara alami. Dengan memperhatikan hal ini, cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan lebih efektif.

3. Menggunakan Mouthwash 

Penggunaan mouthwash dapat membantu membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi. Pemilihan mouthwash untuk menjaga kebersihan rongga mulut harus tepat.

Untuk membersihkan plak gigi dan sisa makanan, bisa pilih mouthwash dengan kandungan propolis dan green tea.

Namun, pemakaian mouthwash tidak perlu setiap hari karena kandungan antiseptik di dalamnya bisa merusak keseimbangan flora normal di dalam mulut. Akibatnya, jumlah flora jamur akan meningkat.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

4. Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi atau Dental Floss

Selain menyikat, menggunakan floss bisa menjadi pilihan cara menghilangkan karang gigi secara alami. Flossing merupakan teknik atau cara membersihkan gigi dengan menggunakan benang.

Cara ini dipercaya efektif dalam membersihkan plak gigi karena dapat menjangkau sela-sela gigi dengan baik.

5. Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Untuk meminimalisasi munculnya karang gigi, bisa dilakukan dengan mengurangi atau menghindari makanan dan minuman yang manis. Pasalnya, bakteri akan cepat tumbuh pada makanan dan minuman yang memiliki rasa manis.

Dalam hal ini bakteri akan dengan mudah melepaskan zat asam yang kemudian dapat merusak gigi.

Untuk itu, perlu mengurangi bahkan kalau bisa lebih baik menghindari makanan dan minuman manis. Jika memang masih sesekali mengonsumsinya, perlu diimbangi dengan konsumsi air putih yang banyak, berkumur, dan menyikat gigi sesudahnya.

6. Mengurangi atau Menghindari Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok diketahui dapat memunculkan karang gigi dan noda cokelat kehitaman pada gigi dan sela-sela gigi yang disebabkan zat-zat yang terdapat dalam rokok.

Karang gigi yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok lebih sulit dihilangkan dibandingkan karang gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan.

Sebagai satu di antara cara menghilangkan karang gigi, perlu mengurangi bahkan sebisa mungkin menghindari kebiasaan buruk ini. Selain dapat menyebabkan karang gigi, kebiasaan merokok buruk untuk kesehatan tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

7. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Coba untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Konsumsi buah yang mengandung serat dapat merangsang produksi air liur sehingga otomatis bisa membantu membersihkan permukaan gigi. Apalagi buah dan sayur banyak mengandung vitamin, yang berfungsi menyehatkan gusi.

8. Mengunyah Daun Sirih

Daun sirih sangat dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak jarang, kita masih menemui kakek nenek dengan gigi yang masih lengkap juga terlihat bersih dan sehat, berkat kebiasaan mengunyah daun sirih.

Cara menghilangkan karang gigi satu ini cukup mudah dilakukan. Anda hanya tinggal mengambil selembar daun sirih untuk dikunyah secara langsung. Bisa juga ditambahkan dengan satu batang cengkih haluskan sedikit, lalu bisa segara dikunyah.

9. Mengoleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang bermanfaat sebagai satu di antara cara menghilangkan karang gigi. Minyak kelapa mempunyai kandungan anti-inflamasi, antioksidan asam laurat, asam lemak hingga sifat antimikroba.

Dari hasil penelitian, kandungan tersebut mampu membersihkan plak gigi hingga 50 persen.

Untuk melakukan cara ini, masukkan satu sendok minyak kelapa yang sebelumnya telah dihangatkan ke mulut. Gunakan minyak kelapa untuk berkumur selama 5-10 menit. Selanjutnya, buang minyak kelapa ke tempat sampah atau handuk kertas.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer