Sukses


40 Kata-Kata Kutipan Inspirasi dari Nelson Mandela, Pahlawan Keadilan

Bola.com, Jakarta - Nelson Mandela merupakan sosok yang sangat dihormati di dunia atas jasa-jasanya dalam melawan penindasan. Ia dikenal kerap mengeluarkan kata-kata kutipan inspirasi yang dapat membuat orang menjadi lebih bersemangat setelah mendengarnya.

Mandela muda dikenal sebagai aktivis antiapartheid atau pemisahan ras antara kulit hitam dan kulit putih di Afrika Selatan.

Selama perjuangannya untuk membebaskan politik rasial di Afrika Selatan, ia pernah dipenjara selama kurang lebih 27 tahun.

Mandela dan beberapa aktivis lainnya dianggap oleh pemerintah telah menghasut banyak orang yang berakibat pada aksi mogok besar-besaran.

Meski kerap mendapat ketakadilan hampir di sepanjang hidupnya, kebesaran hati Mandela untuk memaafkan musuh-musuhnya membuat banyak orang di seluruh dunia menjadikannya sebagai teladan.

Tidak hanya kata-kata yang sering dilontarkannya saja yang dapat dijadikan sebagai inspirasi, melainkan juga seluruh kehidupan dan tindakan yang dilakukan oleh Mandela.

Nelson Mandela dianugerahi Nobel Perdamaiaan pada 1993 atas perjuangannya dalam upaya menegakkan keadilan dan perdamaian di Afrika Selatan pada khususnya serta dunia pada umumnya.

Nelson Mandela meninggal pada 5 Desember 2013. Kita bisa terus mengenang jasa-jasa Mandela, satu di antaranya dengan meresapi dan menjadikan kata-kata kutipan inspirasi yang pernah ia ucapkan sebagai dorongan semangat untuk berbuat kebaikan dan keadilan.

Berikut 40 kata-kata kutipan inspirasi dari Nelson Mandela, yang sarat akan makna, seperti dikutip dari Quoteambition, Jumat (11/6/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Inspirasi dari Nelson Mandela

1. "Anda akan mencapai lebih banyak di dunia ini melalui tindakan belas kasih daripada yang Anda lakukan melalui tindakan pembalasan."

2. "Tidak ada orang yang dilahirkan untuk membenci orang lain karena warna kulitnya, atau latar belakangnya, atau agamanya."

3. "Saya bukan orang suci, kecuali jika Anda menganggap orang suci sebagai orang berdosa yang terus berusaha menjadi baik."

4. "Pimpin dari belakang dan biarkan orang lain percaya bahwa mereka ada di depan."

5. "Saya belajar bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan atasnya."

6. "Hal pertama adalah jujur ​​pada diri sendiri. Anda tidak akan pernah bisa berdampak pada masyarakat jika Anda tidak mengubah diri Anda sendiri."

7. "Tidak ada yang seperti kembali ke tempat yang tetap tidak berubah untuk menemukan cara di mana Anda sendiri telah berubah."

8. "Jika Anda berbicara dengan seseorang dalam bahasa yang dia mengerti, itu akan masuk ke kepalanya. Jika Anda berbicara dengannya dalam bahasanya, itu masuk ke hatinya."

9. "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia."

10. "Kepala yang baik dan hati yang baik selalu merupakan kombinasi yang hebat. Tetapi, ketika Anda menambahkan lidah atau pena yang melek huruf, maka Anda memiliki sesuatu yang sangat istimewa."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Inspirasi dari Nelson Mandela

11. "Kebencian itu seperti meminum racun dan kemudian berharap itu akan membunuh musuhmu."

12. "Ketika seseorang ditolak haknya untuk menjalani kehidupan yang dia yakini, dia tidak punya pilihan selain menjadi penjahat."

13. "Jangan menilai saya dari kesuksesan saya. Nilailah saya berapa kali saya jatuh dan bangkit lagi."

14. "Saya pada dasarnya adalah seorang yang optimis. Apakah itu berasal dari alam atau pengasuhan, saya tidak bisa mengatakannya."

15. "Saya telah menempuh jalan panjang menuju kebebasan. Saya telah mencoba untuk tidak goyah; Saya telah membuat salah langkah di sepanjang jalan."

16. "Jika Anda ingin berdamai dengan musuh Anda, Anda harus bekerja dengan musuh Anda. Kemudian, dia menjadi pasanganmu."

17. "Kedamaian adalah senjata terbesar untuk pembangunan yang dapat dimiliki setiap orang."

18. "Untuk menjadi bebas bukan hanya untuk melepaskan belenggu seseorang, tetapi untuk hidup dengan cara yang menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain."

19. "Mengatasi kemiskinan bukanlah tugas amal. Ini adalah tindakan keadilan."

20. "Uang tidak akan menciptakan kesuksesan, kebebasan untuk membuatnya yang akan menciptakan kesuksesan."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Inspirasi dari Nelson Mandela

21. "Saya telah menghargai cita-cita masyarakat yang demokratis dan bebas di mana semua orang hidup bersama secara harmonis dan dengan kesempatan yang sama."

22. "Saya menyukai teman yang memiliki pikiran terbuka kerana mereka akan melayanimu untuk melihat segala masalah dari berbagai sudut pandang."

23. "Untuk bebas tidak hanya membuang satu rantai. Tetapi, untuk hidup dalam rasa saling menghargai dan memperbesar kebebasan orang lain."

24. "Kelihatannya semua itu mustahil sampai semuanya terbukti."

25. "Tidak ada jalan mudah menuju kebebasan di mana pun, dan banyak dari kita harus melewati lembah bayang-bayang kematian lagi dan lagi sebelum kita mencapai puncak gunung keinginan kita."

26. "Saya tidak pernah terlalu peduli dengan hadiah pribadi. Seseorang tidak menjadi pejuang kemerdekaan dengan harapan memenangkan penghargaan."

27. "Kita berutang kepada anak-anak kita - warga negara yang paling rentan dalam masyarakat mana pun - kehidupan yang bebas dari kekerasan dan ketakutan."

28. "Saya benci diskriminasi dan segala manifestonya. Saya bertarung sepanjang hidup saya, saya bertarung sekarang, dan sampai akhir hayat saya."

29. "Seseorang yang merampas kebebasan orang lain adalah tawanan kebencian, dia terkunci di balik jeruji prasangka dan pikiran sempit."

30. "Saya tidak benar-benar bebas jika saya mengambil kebebasan orang lain, sama seperti saya tidak bebas ketika kebebasan saya diambil dari saya."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Inspirasi dari Nelson Mandela

31. "Hanya orang bebas yang bisa bernegosiasi; tahanan tidak bisa membuat kontrak."

32. "Kunci untuk bahagia adalah menjalani hidup seolah-olah tidak ada yang mengawasi dan mengekspresikan diri seolah-olah semua orang mendengarkan."

33. "Dari pengalaman tentang sebuah bencana kemanusiaan luar biasa yang berlangsung begitu lama, harus lahir sebuah masyarakat yang membuat semua umat manusia bangga."

34. "Saya hanya bisa beristirahat sejenak, karena dengan kebebasan datang tanggung jawab, dan saya tidak berani berlama-lama, karena perjalanan panjang saya belum berakhir."

35. "Tidak ada yang namanya kebebasan sebagian."

36. "Seorang anak dilahirkan bebas."

37. "Semua orang bisa berdiri di atas situasinya dan mendapatkan kesuksesan bila mereka mendedikasikan dan bersemangat dengan apa yang mereka kerjakan."

38. "Politik dapat diperkuat dengan musik, tetapi musik memiliki potensi yang menentang politik."

39. "Tujuan kebebasan adalah menciptakannya untuk orang lain."

40. "Saya sangat menghargai kebebasan saya sendiri, tetapi saya lebih peduli pada kebebasan Anda."

 

Sumber: Quoteambition

Yuk, baca artikel kata-kata lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer