Menkes: Varian COVID-19 dari India Banyak Ditemukan di Kudus, Bangkalan, dan DKI Jakarta

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 16 Jun 2021, 06:20 WIB
Diperbarui 16 Jun 2021, 06:20 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin
Di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu, 18 April 2021, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin berharap program vaksinasi COVID-19 di seluruh provinsi April-Mei 2021 berjalan lancar. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Bola.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, varian COVID-19 B.1617 dari India banyak ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia, yakni Kudus, Bangkalan, dan DKI Jakarta.

"Beberapa daerah seperti Kudus, kemudian DKI Jakarta dan juga di Bangkalan memang sudah terkonfirmasi varian delta atau B1617.2 atau juga varian dari India mendominasi," ujar Budi Gunadi dalam konferensi pers, yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021).

Menkes menambahkan, varian virus corona dari India ini memiliki tingkat penularan yang lebih cepat, walau tidak lebih mematikan.

Kondisi tersebut tentu tetap menjadi perhatian khusus pemerintah. Adapun untuk mengantisipasi penularan ialan dengan penerapan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi COVID-19.

Budi menyampaikan, Presiden Jokowi telah memerintahkan untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 serta memperketat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran varian baru corona yang makin meluas di berbagai wilayah di Indonesia.

"Arahan Bapak Presiden, bahwa satu implementasi di lapangan untuk penerapan PPKM mikro. Dan kedua akselerasi vaksinasi dijalankan," jelas Budi.

 

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden