Sukses


9 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Aman, Mudah, dan Hemat Biaya

Bola.com, Jakarta - Kepala suka gatal dan kerap ditemukan serbuk putih di baju hitam Anda? Bisa jadi, Anda memiliki masalah ketombe.

Ketombe merupakan satu di antara permasalahan rambut karena terjadinya pengelupasan kulit kepala. Ketombe bisa dialami oleh semua orang, baik pria maupun wanita.

Ketombe bisa disebabkan berbagai hal, seperti jarang keramas, adanya infeksi jamur pada kulit kepala, kulit berminyak yang mengalami iritasi (dermatitis seboroik), kulit kepala yang kering, hingga kekurangan nutrisi.

Banyak orang yang melakukan segala cara untuk mengatasi masalah ini. Tak sedikit pula yang melakukan perawatan dengan mengeluarkan biaya mahal hanya untuk membasmi ketombe.

Padahal, ketombe bisa dihilangkan dengan cara sederhana dan menggunakan bahan alami tanpa mengeluarkan biaya mahal.

Berikut beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa dilakukan, seperti dilansir dari Healthline, Rabu (16/6/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe

1. Tea tree oil

Tea tree oil dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Tea tree oil mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mencampurkan tea tree oil murni dengan sampo yang biasa digunakan. Cara lainnya, dengan mengoleskan minyak tea tree oil murni yang telah dicampurkan dengan lidah buaya ke kulit kepala secara merata.

Perlu diperhatikan, jika kulit terlihat memerah, sebaiknya jangan gunakan bahan ini karena mungkin saja Anda alergi.

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan lidah buaya. Kandungan antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi dari ketombe. Penggunaan lidah buaya diyakini dapat membantu mengurangi peradangan serta gejala ketombe.

3. Cuka apel

Memiliki beragam manfaat, cuka apel diyakini bisa menjadi obat alami mengatasi ketombe. Cuka apel dapat membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala. Di samping itu, cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup tambahkan beberapa sendok makan cuka apel ke sampo yang biasa digunakan.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe

4. Lemon

Memiliki segudang khasiat untuk kecantikan, lemon bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B kompleks, karbohidrat, lemak, kalsium, protein, magnesium, serat, dan masih banyak lagi dapat menghilangkan ketombe secara tuntas.

Selain itu, lemon juga dipercaya untuk menebalkan dan menumbuhkan rambut.

5. Larutan garam

Garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur penambah rasa asin bisa Anda memanfaatkanya untuk mengatasi ketombe.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup ambil lima sendok makan garam dan tambahkan air hangat. Aplikasikan ke kulit kepala Anda lalu pijat halus. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas sampai bersih.

6. Bawang merah

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah bisa digunakan sebagai pembasmi ketombe. Beragam kandungan yang ada dalam bawang merah mampu mencegah munculnya ketombe.

Caranya, siapkan bawang merah secukupnya. Kupas kulitnya terlebih dahulu kemudian blender atau haluskan secara manual. Aplikasikan ke kulit rambut secara merata, tunggu selama beberapa saat saja. Terakhir, bilas hingga bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Minyak zaitun dipercaya dapat menghilangkan ketombe secara alami dan permanen.

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan berbagai vitamin, seperti vitamin E dan K yang dapat membantu menghilangkan ketombe yang mengganggu.

Bahan alami yang satu ini mengandung sifat antijamur, sifat antibakteri, dan sifat antiinflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan dan mengatasi iritasi pada kulit kepala akibat ketombe.

8. Minyak serai

Minyak serai telah lama digunakan sebagai pengobatan termasuk mengatasi masalah ketombe.

Caranya, campurkan 2-3 tetes minyak serai pada sampo dan pijat perlahan ke kulit kepala. Cara ini bisa mengurangi ketombe hingga 81 persen selama dua minggu pemakaian rutin.

9. Baking soda

Baking soda mungkin menjadi bahan yang aneh untuk mengatasi ketombe. Namun, baking soda mampu menghilangkan ketombe secara alami dan cepat.

Caranya, campurkan 2-3 sendok makan soda kue ke rambut yang sudah basah sebelumnya. Diamkan selama dua menit sebelum membilasnya dengan bersih.

Cara ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu. Gunakan dengan takaran yang sedang dan sewajarnya dan jangan terlalu sering karena bisa berakibat buruk pada kulit kepala.

 

Sumber: Healthline

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer