7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Mudah Dipraktikan di Rumah

Oleh Alfi Yuda pada 18 Jun 2021, 19:40 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 19:40 WIB
Ilustrasi gigi putih
Ilustrasi gigi putih. (Photo by Darius on Pexels)

Bola.com, Jakarta - Memiliki gigi yang putih dan bersih adalah impian semua orang. Gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri dan menunjang penampilan ketika senyum.

Selain itu, gigi yang putih merupakan cerminan dari kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Banyak orang rela mengeluarkan bujet lebih untuk melakukan perawatan khusus demi mendapatkan gigi putih.

Harus dipahami, merawat gigi tidak hanya cukup dengan menggosok gigi, namun Anda juga perlu menjauhi kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan kondisi gigi menguning.

Ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami dan ramah di kantong. Jika Anda ingin mencoba mengembalikan warna putih secara alami pada gigi Anda, Anda bisa menyimak cara-caranya di bawah ini.

Berikut beberapa cara memutihkan gigi yang dapat Anda coba dan mudah dipraktikan di rumah, seperti dikutip dari Healthline, Jumat (18/6/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Ilustrasi menyikat gigi
Ilustrasi menyikat gigi. (Photo by Fero on Pexels)

1. Menyikat gigi secara teratur dan benar

Cara pertama untuk mendapatkan gigi putih dan bersih ialah Anda wajib menyikat gigi dengan cara yang benar dan teratur setidaknya dua kali sehari, selama dua menit setiap kali.

Terutama, setelah mengonsumsi makanan atau minuman penyebab gigi kuning. Sikat gigi Anda secara lembut dengan gerakan melingkar di seluruh bagian gigi.

2. Gunakan campuran soda kue dan hidrogen peroksida

Cara memutihkan gigi selanjutnya, yakni bisa menggunakan campuran soda kue dan hidrogen peroksida. Kombinasi kedua bahan ini bisa menghilangkan penumpukan plak dan bakteri untuk menghilangkan noda di gigi.

Cara menggunakan soda kue dan hidrogen peroksida cukup praktis. Siapkan pasta gigi dari campuran satu sendok makan soda kue dan dua sendok makan hidrogen peroksida.

Setelah menggunakan pasta gigi tersebut untuk menyikat gigi, bilas mulut sampai bersih agar tidak merusak lapisan pelindung gigi. Sebuah penelitian menyatakan cara ini memberikan hasil yang lebih baik setelah enam minggu penggunaan dan dapat dilakukan setiap hari.

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Ilustrasi berkumur dengan minyak kelapa
Ilustrasi berkumur dengan minyak kelapa. (Photo on Pexels)

3. Berkumur menggunakan minyak kelapa

Cara memutihkan gigi juga bisa dengan berkumur menggunakan minyak kelapa atau dikenal dengan istilah oil pulling. Teknik oil pulling atau berkumur dengan minyak kelapa adalah cara unik dan telah dipercaya turun-temurun oleh banyak kalangan membantu memutihkan gigi secara alami.

Sebuah studi dalam International Journal of Health Sciences menunjukkan manfaat minyak kelapa cukup efektif untuk membantu meningkatkan kesehatan gigi dan gusi, serta membantu bau mulut tetap segar.

4. Cuka apel

Cuka apel telah digunakan sejak lama sebagai produk pembersih alami. Cuka apel mampu mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran yang diakibatkan oleh kuman.

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri. Cuka apel memiliki sifat antibakteri yang mampu membersihkan mulut dan memutihkan gigi.

Perlu diperhatikan, penggunaan cuka apel sebagai obat pemutih gigi jangan terlalu sering. Asam asetat yang ada di dalam cuka apel berpotensi mengikis enamel pada gigi.

5. Kulit jeruk

Selain kulit pisang, kulit jeruk juga dipercaya bisa memutihkan gigi. Vitamin C yang ada dalam kulit jeruk membantu menjaga gigi dari bakteri jahat. Anda bisa mencoba kulit jeruk sebagai obat alami untuk mendapatkan gigi putih secara alami.

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Ilustrasi kulit pisang, memutihkan gigi
Ilustrasi kulit pisang, memutihkan gigi. (Photo by Julia Kuzenkov on Unsplash)

6. Kulit pisang

Selain buahnya yang memiliki banyak manfaat, kulit pisang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk gigi. Kuit pisang yang dianggap sampah, mampu membantu memutihkan gigi.

Kulit pisang memiliki sifat antimikroba. Antimikroba yang ada di dalam kulit pisang membantu menjauhkan gigi dari gangguan kesehatan, terutama di bagian mulut dan gigi. Kulit pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium yang membantu memutihkan gigi.

7. Arang kayu

Arang kayu yang memiliki kandungan alkali mampu mengikis dan membersihkan noda kuning yang menempel pada gigi. Anda bisa menggunakannya dalam skala kecil karena jika digunakan terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel gigi.

Caranya, ambil secuil arang kayu kemudian haluskan dan tambah dengan perasan air lemon. Kemudian Anda bisa menyikatkan pada bagian gigi.

 

Sumber: Healthline

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓