Sukses


9 Cara Menghilangkan Kantong Mata Secara Alami, Mudah Dipraktikan, dan Aman

Bola.com, Jakarta - Kantong mata bisa dialami wanita maupun pria. Meski tidak berbahaya, kantong mata bisa membuat penampilan menjadi tidak segar.

Sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman dengan munculnya kantong mata. Apalagi jika keluhan tersebut telah menyebabkan mata mengalami pembengkakan ringan disertai dengan lingkaran hitam.

Secara umum, munculnya kantong mata bisa disebabkan faktor penuaan karena seiring bertambahnya usia.

Selain karena faktor penuaan, munculnya kantong mata bisa disebabkan beberapa hal, seperti kelelahan, kurang tidur, peningkatan jumlah melanin di kulit sekitar mata, peradangan (hiperpigmentasi), penumpukan cairan di sekitar mata, hingga stres.

Ada tak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan kantong mata secara alami yang bisa Anda coba. Tertarik untuk mencobanya?

Berikut beberapa cara menghilangkan kantong mata secara alami, dilansir dari Foreo, Jumat (18/6/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantong Mata Secara Alami

1. Mengompres dengan es batu

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk menghilangkan kantong mata, yakni dengan mengompres dengan es batu. Penggunaan es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan).

Caranya, bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih. Biarkan kira-kira sekitar 10 menit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Irisan mentimun

Mentimun bisa mengatasi masalah kantong mata yang membandel. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara yang cukup mudah.

Anda hanya perlu mengiris mentimus tipis-tipis dan dinginkan di lemari es semalaman. Lalu, aplikasikan dengan menempelkan irisan mentimun ke kantong mata dalam posisi berbaring selama 10-15 menit. Lakukan dengan rutin untuk mengurangi bengkak dan hitam pada bagian bawah mata.

3. Air mawar

Air mawar dikenal dapat meremajakan kulit hingga efektif menghilangkan kantong mata Anda. Pasalnya, air mawar memiliki sifat antioksidan sehingga memperkuat sel-sel kulit.

Cara pengaplikasiannya cukup sederhana, hanya dengan mengoleskan air mawar pada kapas lalu tempelkan di bawah mata. Biarkan hingga 20 menit, lalu bersihkan. Anda dapat mengulangi proses ini setidaknya selama tiga minggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantong Mata Secara Alami

4. Tomat

Cara selanjutnya, dapat memanfaatkan tomat sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kantong mata. Anda cukup menghaluskan tomat, rendam kapas di dalam adonan ini.

Setelah itu, aplikasikan pada area kantong mata dan biarkan semalaman. Bilas hingga bersih. Ulangi cara ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Masker kantong teh

Kantong teh dipercaya bisa membantu menghilangkan masalah ini. Kandungan kafein di dalamnya bersifat antioksidan sehingga dapat meningkatkan aliran darah di kulit.

Selain itu, kantong teh berpotensi melindungi kulit dari sinar UV dan memperlambat proses penuaan. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup rendam dua kantong teh selama 3-5 menit, lalu dinginkan di lemari es selama 20 menit.

Kemudian letakkan kantong teh di daerah bawah mata yang membengkak. Biarkan selama 15-30 menit untuk mendapatkan hasil yang diingkan. Jadi, jangan terburu-buru untuk membuang kantong teh setelah mengonsumsi.

6. Kentang

Kentang juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan kantong mata secara alami. Enzim, vitamin C, dan nutrisi lain yang dibutuhkan kulit terkandung dalam kentang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, pertama, kupas kulit kentang dan parut kentang. Setelah itu, letakkan kentang yang sudah diparut dalam handuk.

Kemudian, letakkan handuk berisi kentang itu di atas kelopak mata yang tertutup selama 10 hingga 15 menit. Coba lakukan cara itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantong Mata Secara Alami

7. Susu

Susu merupakan sumber vitamin A yang mengandung retinoid. Susu bagus untuk menjaga kulit tampak cerah dan muda.

Untuk mendapatkan manfaatnya mengatasi masalah kantong mata Anda, cukup rendam kapas makeup remover pad dalam semangkuk susu dingin untuk sementara waktu.

Gunakan makeup remover pad untuk mengoleskan susu ke kantong mata bawah Anda, dan diamkan selama sekitar 10 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol diketahui dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantong mata serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol agar kantong mata bisa cepat hilang.

9. Cukup tidur

Satu di antara penyebab terjadinya kantong mata yang paling umum adalah kurang tidur. Kurang tidur cenderung menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit tipis mata melebar dan menciptakan warna gelap.

Pembuluh darah yang melebar juga dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata sehingga terbentuk kantong mata. Oleh sebab itu, untuk mencegah dan menghilangkan kantong mata, Anda butuh cukup tidur. Pastikan Anda selalu mencukupi waktu tidur selama 7–9 jam setiap malam.

 

Sumber: Foreo

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer