Sukses


Cara Membuat Poster yang Keren dan Menarik

Bola.com, Jakarta - Poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan.

Poster biasanya dipasang di tempat yang ramai dan strategis. Lantaran sifatnya yang mengajak, sangat penting untuk menempatkan poster di tempat yang mudah terlihat.

Hal tersebut juga yang menjadikan poster sebagai media iklan. SelainĀ itu, poster bisa digunakan sebagai alat untuk promosi, memberikan pengumuman atau informasi kepada masyarakat umum.

Namun, secara khusus tujuan poster dapat disesuaikan dengan kemauan atau kepentingan pembuatnya yang beragam, bisa karena tujuan komersial, informasi publik, tujuan kemanusiaan atau lainnya.

Seiring berkembangnya zaman, poster tak hanya tersedia dalam bentuk cetak saja, tetapi juga online.

Di sisi lain, untuk menarik perhatian orang-orang tentu harus kreatif dalam membuatnya. Selain, ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam membuat poster.

Berikut ini rangkuman tentang cara membuat poster yang baik dan menarik, seperti dilansir dari lamanĀ sis.binus.ac.id, Senin (21/6/2021).

2 dari 5 halaman

Jarak Pandang dan Pemilihan Font

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat poster jarak pandang. Poster yang akan dibuat harus bisa dibaca oleh orang lain dengan jarak yang normal atau wajar.

Teks yang ditampilkan pada poster terdapat tiga lapisan yang berbeda. Di lapisan pertama (judul), tentu harus dibuat dengan ukuran paling besar dibandingkan dengan lapisan lainnya dan pilihlah font-nya bisa dibaca dan menarik perhatian.

Kemudian pada lapisan kedua berisi perincian informasi dengan font yang lebih kecil daripada lapisan pertama. Terakhir, pada lapisan ketiga berisi detail yang lain yang bisa terdapat pada bagian bawah dengan font yang lebih kecil.

3 dari 5 halaman

Pemilihan Warna

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat poster ialah pemilihan warna. Pilihlah warna yang sesuai jenis poster yang akan dibuat atau bisa disesuaikan dengan tema yang dapat menjadi identitas.

Contohnya saat membuat poster tentang lingkungan, umumnya warna yang bisa dipakai adalah warna hijau.

Pemilihan warna yang tepat dapat membuat orang bisa membedakan poster, membangkitkan energi, meningkatkan mood hingga menarik untuk dilihat mata. Kamu bisa mencari referensi mengenai color palette.

4 dari 5 halaman

Desain Poster yang Minimalis

Desain poster yang minimalis lebih membangkitkan minat pembaca. Poster tidak harus ramai, satu kata atau gambar dramatis dapat berkomunikasi jauh daripada menggunakan banyak kata atau gambar.

Jadi, dalam membuat poster jangan bertele-tele, langsung pada intinya saja sehingga tidak membuat orang yang membaca menjadi bingung.

5 dari 5 halaman

Target Audiens

Desain poster yang akan buat harus disesuaikan dengan target audiens yang dituju. Semisal akan membuat poster lomba untuk mahasiswa, tentunya desain poster dari segi demografis dan psikografis harus disesuaikan dengan dunia kampus.

Dengan begitu, poster yang dibuat dapat meningkatkan minat para mahasiswa untuk membaca atau melihat poster yang dibuat.

Ā 

Sumber: Binus

Video Populer

Foto Populer