Sukses


Efek Samping Vaksin COVID-19 dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Setelah memperoleh vaksinasi COVID-19, ada sejumlah efek samping yang mungkin muncul. Secara umum, efek samping dari vaksin yang muncul bisa beragam dan biasanya bersifat sementara dan ringan.

Efek samping ringan yang sering muncul bisa berupa demam, nyeri otot, serta ruam pada bekas suntikan. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan munculnya efek samping lain.

Adapun munculnya sejumlah efek samping dari vaksin tersebut sebenarnya merupakan hal yang cukup umum dialami oleh banyak orang dan tak perlu ditakuti.

Efek samping yang bersifat normal tersebut menjadi tanda vaksin sedang bekerja.

Berikut ini beberapa cara mengatasi efek samping vaksin COVID-19 seperti dilansir dari situs Covid19.co.id, Rabu (30/6/2021).

2 dari 2 halaman

Cara mengatasi efek samping vaksin COVID-19

1. Kompres dengan air dingin di area suntikan jika terasa nyeri atau bengkak atau kemerahan.

2. Jika demam, bisa dengan kompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih, dan istirahat, serta minum obat penurun demam bila perlu.

3. Jika terjadi efek samping suntik COVID-19 atau KIPI yang lebih berat dari biasanya, catat reaksi atau keluhan yang dialami dan laporkan pada petugas atau fasilitas layanan kesehatan, kontak yang tertera pada kartu vaksinasi. Ikuti petunjuk yang telah diberikan oleh petugas.

4. Selain itu, laporkan KIPI atau efek samping Covid-19 ke https://keamananvaksin.kemkes.go.id

 

Sumber: Covid19.co.id

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Video Populer

Foto Populer