Sukses


Cara Download Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Secara Online, Mudah Kok!

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia terus mempercepat program vaksinasi COVID-19. Satu di antaranya, sudah mulai digulirkan pemberian vaksin COVID-19 untuk masyarakat umum yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Hal ini dilakukan demi menekan laju penularan COVID-19 yang belakangan justru makin meningkat, apalagi dengan adanya varian baru virus corona (Alpha, Beta, Delta dan Kappa)m yang diyakini lebih menular dan menimbulkan gejala berat pada pengidapnya.

Selain untuk menekan laju penularan, vaksinasi massal ini dapat menjadi fasilitas masyarakat untuk melindungi diri dari paparan COVID-19.

Setiap orang yang sudah melakukan vaksinasi akan mendapatkan bukti berupa sertifikat vaksinasi sebagai informasi bahwa pemiliknya sudah mendapatkan suntikan vaksin minimal satu kali.

Sertifikat vaksinasi akan didapatkan dua kali dalam masing-masing suntikan yang didapatkan. Di dalam sertifikat tersebut berisi nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikat vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin, dan terdapat kode QR.

Bagi Anda yang telah divaksin COVID-19, Anda bisa mengecek bukti dan men-download atau mengunduh sertifikat vaksinasi melalui laman Pedulilindungi.id.

Berikut cara download sertifikat vaksinasi COVID-19 secara online melalui situs https://pedulilindungi.id/, dikutip dari Covid19.go.id, Selasa (6/7/2021), dan jangan lupa berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19 ini untuk melindungi Anda dan keluarga Anda dari COVID-19.

2 dari 2 halaman

Cara Download Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Secara Online

Berikut langkah-langkah mengunduh sertifikat vaksinasi COVID-19 secara online:

  1. Buka website https://pedulilindungi.id/
  2. Pilih Registrasi Vaksin, lalu Login Sekarang (jika sudah mempunyai akun. Namun, bagi yang belum mempunyai akun, klik 'Buat Akun'.
  3. Masukkan informasi yang diminta (Nama lengkap/NIK/Nomor ponsel).
  4. Masukkan enam digit kode OTP yang dikirim 'PEDULICOVID' melalui SMS.
  5. Di pojok kanan atas klik Nama Akun (atau bagi pengguna ponsel, klik icon tiga setrip, lalu klik Nama Akun) dan pilih menu Sertifikat Vaksin.
  6. Klik Nama untuk memunculkan sertifikat vaksin, lalu klik Unduh untuk menyimpan sertifikat vaksin.
  7. Jika sudah selesai bisa klik 'Keluar dari Akun.

 

Sumber: Covid19.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer