Sukses


5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap COVID-19 saat Isolasi Mandiri

Bola.com, Jakarta - Memperhatikan asupan makanan bergizi seimbang sangat penting bagi pengidap COVID-19, khususnya yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Makanan yang dikonsumsi oleh pengidap COVID-19 wajib bernutrisi dan kaya vitamin.

Hal ini dikarenakan asupan makanan dapat memengaruhi kondisi pengidap COVID-19, terutama pada proses pemulihan. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi pengidap COVID-19 ketika menjalani isoman.

Alih-alih mempercepat pemulihan, jenis makanan tersebut dapat memperburuk kondisi kesehatan pengidap COVID-19. 

Untuk itu, pastikan untuk memilih asupan yang tepat bagi pengidap COVID-19. Apa saja makanan yang harus dihindari pengidap COVID-19 tersebut?

Berikut ini lima makanan yang harus dihindari pengidap COVID-19 ketika isoman, dilansir dari laman Klikdokter, Sabtu (17/7/2021).

2 dari 4 halaman

Makanan Cepat Saji dan Minuman Berkafein

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya dimasak dengan metode deep fry. Alhasil, makanan tersebut jadi berminyak. Selain itu, makanan ini mengandung garam dan gula yang tinggi serta penyedap rasa dalam jumlah banyak.

Hal ini dapat mengacaukan gula darah dan tidak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pengidap COVID-19. Makanan seperti ini tidak diperuntukkan bagi orang yang sedang sakit, apalagi bila sedang sakit tenggorokan dan batuk. Makanan berminyak membuat tenggorokan makin tidak nyaman.

2. Minuman berkafein

Saat sakit, pengidap COVID-19 membutuhkan waktu tidur yang ekstra. Pastikan banyak istirahat sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat terjadi.

Nah, apabila pengidap COVID-19 mengonsumsi kopi atau teh secara berlebihan, asupan kafein menjadi terlalu tinggi. Alhasil, Anda jadi tidak mengantuk, susah tidur, bahkan timbul perasaan cemas.

Lebih baik konsumsi minuman lain yang lebih sehat, seperti air putih, susu, air kelapa, atau jus buah minim gula.

3 dari 4 halaman

Makanan Ultra Proses dan Tinggi Lemak

3. Makanan ultra proses

Jenis makanan yang harus dihindari pengidap COVID-19 selanjutnya adalah makanan ultra proses. Makanan ini umumnya berupa kemasan yang mengandung garam serta gula yang tinggi.

Hal ini dapat mengganggu proses peningkatan sistem kekebalan tubuh pengidap COVID-19. Selain itu, makanan seperti ultra proses dapat mengembangkan penyakit komorbid pada pengidap COVID-19. Terutama bagi pengidap COVID-19 yang juga memiliki masalah pada gula darah.

4. Makanan tinggi lemak

Jenis makanan yang satu ini mungkin mirip dengan makanan cepat saji. Namun, makanan tinggi lemak tak selalu diolah dengan cara digoreng seperti makanan cepat saji.

Meski dipanggang atau direbus, makanan ekstra lemak yang mengandung banyak mentega, santan, jeroan, dan gajih menjadi pantangan makanan pengidap COVID-19 dengan riwayat kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan hipertensi.

4 dari 4 halaman

Makanan Pedas dan Asam

5. Makanan pedas dan asam

Mayoritas pengidap COVID-19 memang akan mengalami anosmia atau kehilangan kemampuan mencium bau-bauan. Ketika mengalami ini, mengonsumsi makanan pedas dan asam bukan solusi yang tepat. Lebih baik konsumsi makanan bergizi yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 11/1/2021)

Video Populer

Foto Populer