Sukses


Mengenal Saitama Super Arena, Venue Serbaguna di Olimpiade Tokyo 2020

Bola.com, Jakarta - Olimpiade Tokyo 2020 akan diselenggarakan mulai 23 Juli sampai dengan 8 Agustus mendatang. Pesta olahraga terakbar empat tahunan itu diikuti 206 negara dan berlangsung di 42 venue yang tersebar di seluruh penjuru Jepang. 

Dari banyaknya venue yang digelar di ajang Olimpiade, terdapat sejumlah venue yang dapat dikatakan unik, satu di antaranya adalah Musashino Forest Sport Plaza.

Venue yang terletak di daerah Tama, bagian barat Tokyo tersebut memiliki kapasitas hingga 10 ribu penonton. Rencananya akan ada dua ajang olahraga yang bakal dihelat di Musashino Forest Sport Plaza, yakni bulutangkis dan modern pentathlon.

Gedung dengan luas total hingga 30 ribu meter persegi tersebut juga menyediakan kolam renang dalam ruangan sepanjang 50 meter yang dibagi menjadi delapan jalur. 

Sejumlah teknologi canggih juga terdapat di Musashino Forest Sport Plaza, satu di antaranya adalah teknologi hawk-eye di setiap lapangan.

Selain Musashino Forest Sport Plaza, satu venue unik lainnya di Olimpiade Tokyo 2020 adalah Saitama Super Arena. Mengapa bisa dikatakan unik? Yuk, disimak ulasannya di bawah ini. 

 
 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Fasilitas yang Serbaguna

Berbeda dengan venue - venue lain yang ada di Olimpiade Tokyo, gedung olahraga tersebut merupakan fasilitas yang serbaguna. Venue yang pertama kali diresmikan pada 1 September 2000 itu, dikatakan serbaguna karena fasilitas ini dapat dipakai oleh banyak ajang.

Event-event kompetisi olahraga seperti skating, hoki es, mix martial artsbahkan pameran seringkali diadakan di gedung tersebut. 

Tidak hanya itu, Saitama Super Arena sempat dijadikan lokasi konser musik para musisi dunia, seperti Taylor Swift, Michael Jackson, Beyonce, Linkin Park, Guns N' Roses, dan masih banyak lagi.

Pada malam tahun baru 2018 silam, venue ini dijadikan sebagai tuan rumah pertandingan boxing antara Floyd Mayweather Jr. versus Tenshin Nesukawa.

Selain itu, kapasitas venue ini dapat disesuaikan sesuai dengan event yang sedang berlangsung. Berbagai tata letak dan pengaturan tempat duduk dapat dipindahkan melalui teknologi moving block.

Nantinya, kursi-kursi penonton dapat bergerak sejauh 70 meter secara horizontal. Sekitar 9 ribu kursi dapat dibawa untuk mengubah arena utama menjadi stadion yang menampung kapasitas sampai 37 ribu orang dalam waktu yang singkat.

Seperti diketahui, Saitama Super Arena akan digunakan untuk menghelat pertandingan bola basket Olimpiade Tokyo 2020 pada 25 Juli mendatang.

Dukung tim kebangganmu bertanding dengan menyaksikan live streaming Olimpiade Tokyo 2020 yang akan disiarkan melalui platform Vidio.

Penulis: Andrya Nabil (Vidio)

 

 

Video Populer

Foto Populer