Sukses


Cara Mendapat Obat Gratis buat Pasien COVID-19 yang Menjalani Isolasi Mandiri

Bola.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan membuka layanan konsultasi medis online (telemedicine) dan obat gratis untuk pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Seperti diketahui, lonjakan kasus positif COVID-19 terjadi di Indonesia dalam beberapa minggu terakhir. Kondisi ini membuat tenaga kesehatan cukup kewalahan dan ketersediaan rumah sakit makin berkurang.

Pemerintah menyarankan masyarakat yang dinyatakan positif dengan gejala ringan, bisa melakukan isolasi mandiri atau isoman di rumah.

Selain menjadi cara untuk mencegah penyebaran COVID-19 dari pasien terkonfirmasi, isolasi mandiri dinilai menjadi strategi untuk mengurangi beban yang diterima rumah sakit.

Jadi, bagi pengidap positif COVID-19 ringan atau tanpa gejala, tidak perlu melakukan karantina di rumah sakit, cukup melakukan isolasi mandiri di rumah.

Meski isolasi mandiri di rumah, pasien COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan tetap mendapat perhatian dari pemerintah, melalui pemberian obat secara gratis.

Program ini tentu tak boleh dilewatkan pasien COVID-19 yang sedang menjalani masa isoman. Namun, untuk sementara waktu, pemerintah baru memberlakukan layanan konsultasi dan obat gratis tersebut khusus wilayah DKI Jakarta.

Untuk pasien yang ingin mendapat obat COVID-19 gratis selama masa isoman, bisa mengikuti penjelasan di bawah ini, seperti dilansir dari laman covid19.go.id, Jumat (16/7/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mendapat Obat Gratis Buat Pasien COVID-19

Kementerian Kesehatan mengaktifkan Layanan Telemedisin di https://isoman.kemkes.go.id yang bisa digunakan untuk pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri.

1. Pasien melakukan tes PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

2. Jika hasil tesnya positif COVID-19, laboratorium melaporkan hasilnya ke database di Kemenkes dan pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes (dengan centang hijau) secara otomatis.

3. Periksa apakah dapat menerima layanan gratis dengan memasukkan NIK di http://isoman.kemkes.go.id/

4. Lakukan konsultasi secara daring dengan dokter di satu di antara platform layanan telemedicine secara gratis di menu konsultasi dan memasukkan kode voucher ISOMAN di aplikasi yang dipilih.

5. Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan.

6. Dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien.

3 dari 3 halaman

Cara Mendapat Obat Gratis Buat Pasien COVID-19

7. Jika pasien masuk kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.

8. Isi formulir pesanan yang tersedia pada menu Tebus Resep dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemesisin, KTP, dan alamat pengiriman.

9. Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman SICEPAT untuk mengambil obat dan/vitamin dari apotek Kimia Farma dan mengirimkannya ke alamat pasien.

Nantinya, untuk pasien tanpa gejala (OTG) akan mendapatkan paket obat berupa Multivitamin: C, D, E, ZINC (Dosis 1x1, jumlah: 10).

Sementara untuk pasien dengan gejala ringan akan mendapatkan paket berupa Multivitamin: C, D, E, ZINC-, Azitromisin 500mg, Oseltamivir 75mg, Parasetamol tab 500mg.

 

Sumber: covid19.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer