VIDEO: Kontingen Indonesia Jalani PCR Test Jelang Keberangkatan ke Olimpiade Tokyo 2020

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 17 Jul 2021, 13:17 WIB
Diperbarui 17 Jul 2021, 13:17 WIB

Bola.com, Jakarta Kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 menjalani tes swab PCR di Jakarta, Rabu (14/7/2021). Tes tersebut menjadi syarat yang harus dijalani sebelum terbang ke Tokyo, Jepang, di mana selama tujuh hari berturut-turut sebelum keberangkatan tes swab PCR wajib dilakukan.

Atlet, pelatih, dan ofisial dari cabang olahraga panahan, menembak, renang, dan angkat besi sudah dikarantina di Jakarta. Mereka pun menjalani swab PCR dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dalam acara tersebut juga turut dihadiri Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo, Rosan P Roeslani.

Raja Sapta Oktohari juga mengatakan jika para atlet Indonesia sudah melakukan karantina.

"Ini adalah uji hari keempat jelang keberangkatan. Semua atlet sudah masuk karantina dengan sistem bubble, di mana satu atlet menempati satu kamar. Khusus surfing, tes dilakukan di Bali, dan rowing dilakukan di Pengalengan, tepatnya di rumah sakit yang telah mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Jepang," ujar Raja Sapta Oktohari, Rabu (14/7/2021).

Beberapa kontingen Indonesia juga sudah melakukan perjalanan ke Tokyo seperti cabang olahraga bulutangkis yang sudah tiba sejak tanggal 8 Juli lalu.

Sementara, untuk cabang olahraga panahan, menembak, rowing, surfing, dan renang akan berangkat pada Sabtu (17/7/2921). Kloter terakhir adalah kontingen atletik yang berangkat pada 24 Juli.

Nantinya, Kontingen Indonesia akan mendapat perawatan intensif selama Olimpiade Tokyo 2020.