Sukses


5 Cara Membuat Masakan Sate Daging Kambing yang Empuk dan Bebas Prengus

Bola.com, Jakarta - Banyak orang berburu resep masakan berbahan daging untuk disajikan kepada keluarga sebagai sajian saat Iduladaha. Berbagai jenis masakan dapat diolah memakai daging yang didapat dari pembagian kurban.

Satu di antara yang menjadi sajian favorit adalah masakan sate dari daging kambing. Memiliki rasa yang khas dan nikmat, sate kambing pastinya menggugah selera.

Namun, sebelum menyantapnya, Anda harus memperhatikan lebih detail lagi bagaimana cara membuat sate dari daging kambing yang benar. Terkadang daging kambing yang didapat memiliki bau menyengat dan bertekstur alot.

Jika tidak tepat cara pengolahannya, ada risiko yang membuat rasa sate kurang sedap untuk dinikmati. 

Untuk mencegah daging kambing tidak alot dan tak berbau prengus, ada cara yang mudah dan bisa Anda praktikkan di rumah. 

Berikut ini beberapa cara membuat masakan sate daging kambing yang empuk dan anti bau prengus, dikutip dari laman Selerasa, Selasa (20/7/2021).

2 dari 4 halaman

Potong dengan Tepat dan Jangan Cuci Daging

1. Potong daging dengan tepat

Ketika memotong daging untuk sate, Anda harus memperhatikan ukurannya dengan tepat. Jangan potong daging dengan ukuran tebal.

Apabila potongannya terlalu tebal maka sate nantinya akan keras. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda memotongnya dengan ukuran sedang atau tipis agar lebih cepat matang dan teksturnya empuk. Pada daging kambing terdapat banyak urat, ketika matang umumnya daging akan rentan keras.

2. Jangan mencuci daging kambing

Ketika mengolah bahan masakan, Anda tentu selalu mencucinya terlebih dahulu untuk memastikan makanan higienis dan sehat. Namun, sebaliknya untuk daging kambing, sebaiknya Anda jangan mencuci daging kambing supaya tidak makin bau prengus.

Caranya yaitu cukup membuang kotoran serta darah yang menempel pada daging. Walau tampak tidak higenis, pada saat dibakar, kotoran yang menempel pada daging akan hilang.

3 dari 4 halaman

Bungkus Daging dengan Daun Pepaya dan Tambahkan Banyak Bumbu

3. Membungkus daging menggunakan daun pepaya

Sate dengan tekstur daging yang empuk tentu terasa lebih lezat. Untuk membuat daging kambing empuk, yaitu dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya. Caranya, ambil daun pepaya sebanyak dua lembar.

Kemudian daun pepaya tersebut diremas-remas. Selanjutnya, bungkus daging kambing yang telah Anda potong menggunakan daun pepaya dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Sebaiknya hindari menggunakan nanas karena akan membuat daging menjadi hancur ketika dibakar.

4. Menambahkan banyak bumbu

Mengolah daging kambing dengan aneka bumbu akan menjadikan sajian sate makin lezat dan nikmat. Selain menambah cita rasa, menggunakan bumbu yang banyak juga berguna mengurangi bau prengus daging kambing. Siapkan bumbu-bumbu, seperti daun jeruk, bawang putih, dan ketumbar.

Aneka bumbu ini akan memberikan aroma sedap pada sate. Selain itu, air perasan jeruk nipis akan menambah cita rasa sate menjadi lebih segar. Agar rasanya makin gurih dan sedap, Anda bisa menambahkan kecap manis.

4 dari 4 halaman

Bakar Sate dengan Api Sedang

5. Bakar sate kambing menggunakan api sedang

Anda jangan membakar daging kambing menggunakan api besar sebab akan membuat teksur daging kambing alot dan gosong dengan bagian dalam yang tidak matang.

Oleh karena itu, cara membakar sate kambing yang benar, yakni dengan menggunakan api sedang. Selain itu, pastikan panasnya bukan dari api, akan tetapi dari bara arang.

Sate akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat karena teksturnya masih empuk. Apabila sudah dingin, nantinya daging akan alot dan menjadi berlemak.

 

Sumber: Selerasa

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer