Sukses


Cara Memegang Raket Bulu Tangkis bagi Pemula, Patut Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Cara memegang raket bulu tangkis bagi pemula patut menjadi perhatian. Pasalnya, memegang raket membutukan teknik tersendiri agar nyaman di tangan.

Bulu tangkis merupakan olahraga yang banyak digemari semua kalangan. Bahkan olahraga tepok bulu ini menjadi andalan Indonesia adalam meraih medali atau trofi di kancah internasional.

Permainan bulu tangkis mirip olahraga tenis. Bedanya, olahraga ini tidak menggunakan lapangan sebesar tenis dan lapangannya non-rumput.

Raket dan bola yang digunakan juga berbeda. Walau, gerakan tenis dan bulu tangkis hampir sama, yaitu menangkis dan memukul bola ke arah permainan lawan untuk mendapatkan poin kemenangan.

Bagi orang awam, cara memegang raket bulu tangkis mungkin hanya sebatas pegang saja. Padahal, memegang raket bulu tangkis ada dua cara, yakni cara memegang dan cara mencengkeram.

Berikut cara memegang raket bulu tangkis bagi pemula, disadur dari Liputan6, Selasa (20/7/2021).

2 dari 6 halaman

Forehand Grip

Forehand Grip terutama digunakan untuk pukulan overhead forehand. Ini pegangan yang mudah untuk dipelajari dan menyediakan titik referensi yang berguna untuk mempelajari pegangan lainnya.

Genggaman ini digunakan untuk memukul tembakan yang ada di sisi forehand tubuh dan di sekitar tembakan kepala.

Berikut cara memegang raket bulu tangkis forehand grip:

1. Raket harus dipegang seolah-olah pemain itu berjabatan tangan dengan ringan. Memegangnya harus dilakukan dalam posis miring.

2. Gunakan tiga jari (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) untuk menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk ditempatkan agak terpisah dari ketiga jari tersebut.

3. Selanjutnya pada saat memegang bagian pegangan raket, pastikan ibu jari dan telunjun membentuk celah berbentuk huruf V.

3 dari 6 halaman

Backhand Grip

Kunci untuk melakukan backhand yang kuat tergantung pada bagaimana kamu memegang raket. Kekuatan sebenarnya dari pukulan backhand bulu tangkis berasal dari dorongan ibu jari. Backhand grip mengharuskankamu menggunakan ibu jari.

Teknik ini biasa digunakan oleh pemain bulu tangkis di Inggris. Pegangan ini digunakan untuk memukul tembakan yang ada di sisi punggung tubuh.

Teknik backhand hampir sama dengan teknik forehand, namun pada teknik backhand posisi ibu jari dipindahkan dari posisi melingkari sisi pegangan raket menjadi posisi tegak sejajar dengan batang raket karena teknik ini lebih terfokus dengan posisi ibu jari.

Berikut cara memegang raket bulu tangkis backhand grip:

1. Pegang raket seperti pada pegangan forehand.

2. Putar raket berlawanan arah jarum jam sehingga bentuk V bergerak ke kiri.

3. Tempatkan ibu jari pada bevel belakang pegangan untuk pengungkitan dan kekuatan yang lebih besar.

4. Pegangan raket juga harus diletakkan dengan longgar di jari-jari.

4 dari 6 halaman

Combination Grip

Combination grip merupakan kombinasi forehand grip dan backhand grip. Penyesuaian pegangannya sesuai arah datangnya suttlecok, jadi skill sang pemain sangat menentukan teknik ini.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal ketika menggunakan teknik combination grip, diperlukan latihan yang lebih sering.

Berikut cara memegang raket bulu tangkis combination grip:

1. Raket yang dipegang dalam posisi miring.

2. Jari telunjuk diletakkan di bagian depan menghadap ke ujung raket, ibu jari memangkul di tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lain ditekuk di bawah tangkai raket.

5 dari 6 halaman

American Grip

Teknik American Grip atau yang juga disebut teknik frying pan. Teknik ini digunakan untuk melakukan dan mengembalikan pukulan servis dan pada permainan net yang membutuhkan pukula pendek untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas.

American Grip cocok digunakan saat akan melakukan smash.

Berikut cara memegang raket bulu tangkis American grip:

1. Tempelkan ibu jari dan jari telunjuk pada bagian pegangan raket yang luas.

2. Pegang dan angkat raket hingga bidang raket sejajar dengan tubuh sampai ujung raket bulu tangkis menonjol keluar di bawah telapak tangan.

3. Seimbangkan kaki saat melakukan pukulan.

6 dari 6 halaman

Smash Grip

Pada dasarnya, cara memegang raket saat melakukan smash bisa menggunakan forehand grip atau backhand grip. Bedanya, saat smash, hal tersebut dilakukan dengan tenaga yang lebih kuat dan cepat.

Berikut cara memegang raket bulu tangkis smash grip:

1. Saat melakukan smash, pastikan kondisi tangan dalam keadaan rileks karena hal tersebut dapat membuat tubuh memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan saat melakukan smash.

2. Gunakan jari untuk memegang raket dengan erat. Pastikan genggaman saat melakukan smash dalam keadaan kukuh dan sesua tempat berdiri serta arah shuttlecock yang dituju.

3. Melakukan smash dapat dengan loncat atau tidak, sesuaikan dengan kondisi di lapangan dan gaya bermain.

4. Ketika sudah siap dan shuttlecock sudah datang, lakukan smash dengan memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan, lengan, dan tubuh. Arahkan pada daerah yang kosong atau tempat yang sulit dijangkau oleh lawan.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari/Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 28/2/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer