Sukses


35 Kata-Kata Renungan Islami, Memotivasi dan Tenangkan Hati

Bola.com, Jakarta - Kata-kata renungan Islami akan memberimu pelajaran serta motivasi yang bisa diterapkan pada setiap aspek kehidupan. Dalam hidup ini, sebagai umat Islam, kita harus senantiasa berpegang teguh pada ajaran agama.

Adakalanya ketika permasalahan datang, kita dianjurkan untuk berhenti sejenak, merenungkan segala hal yang telah kita lalui agar menjadi pelajaran yang diterima dan diserap oleh hati.

Menjalani hidup memang tidak mudah, akan tetapi juga tidak sulit apabila semua hal kita serahkan kepada Allah SWT. Satu di antara kunci mudahnya menjalani kehidupan adalah ikhlas.

Sebagai hamba yang ingin selalu disayangi dan diberi rahmat oleh-Nya, sudah sewajarnya kita menggantungkan hidup kepada Allah dan hanya memohon berkah dari-Nya.

Allah SWT berjanji kepada umat-Nya apabila mereka dapat mengikuti segala perintah dan menjauhi larangan-Nya, kemudahan hidup dan ganjaran surga kelak kita dapatkan.

Ingat bahwa Dia akan selalu membantumu dan berada di sampingmu saat susah maupun senang. Dengan itu, jika senang selalu ucapkan syukur pada-Nya dan saat sedih, bersujudlah kepada-Nya.

Melalui kata-kata renungan Islami yang kamu baca dan hayati, kamu akan lebih memahami arti kehidupan yang agama Islam ajarkan kepada penganutnya.

Berikut 35 kata-kata renungan Islami, yang memotivasi dan menenangkan hati, seperti dikutip dari Technobb dan Islamicquotes, Senin (19/7/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Renungan Islami

1. "Jika Allah ingin berbuat baik kepada seseorang, dia akan memberinya cobaan." - Shahih Al Bukhari

2. "Dokter bisa mengobatimu, tapi hanya Allah yang bisa menyembuhkanmu."

3. "Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami hikmah di baliknya. Tapi, kita harus belajar memercayai-Nya." 

4. "Allah memahami doa-doa kita bahkan ketika kita tidak dapat menemukan kata-kata untuk mengucapkannya."

5. "Tawakal adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjagamu bahkan ketika segala sesuatunya terlihat mustahil."

6. "Tidak peduli apa penampilan fisikmu, ketika kamu memiliki kebaikan di hatimu, kamu adalah orang yang paling cantik di dunia." - Mufti Ismail Menk

7. "Aku berkata kepada Allah, 'Aku benci hidup'. Dia menjawab, 'Siapa yang memintamu untuk mencintai kehidupan? Cintai saja aku dan hidup akan indah'."

8. "Ketika kita memperbaiki hubungan kita dengan Allah, Dia memperbaiki segala sesuatu yang lain untuk kita."

9. "Ambil setiap hari sebagai kesempatan untuk menjadi Muslim yang lebih baik."

10. "Jangan pernah engkau tinggalkan salatmu karena dengan itu Allah akan selalu berada di dekatmu. Apa pun yang tengah kamu hadapi, semuanya pasti akan terasa lebih ringan."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Renungan Islami

11. "Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal mensyukuri nikmat yang telah mereka miliki. Ucapkan Alhamdulillah setiap saat dalam hidup." 

12. "Allah menjadikanmu Muslim karena dia ingin melihatmu di Jannah (Surga). Yang harus Anda lakukan adalah membuktikan bahwa Anda layak untuk itu."

13. "Kesalahan terburuk kita adalah ketertarikan kita pada kesalahan orang lain." - Ali bin Abi Thalib

14. "Jika Anda tidak berniat menikahinya, jauhkan tanganmu dari calon istri pria lain. Jika Anda berniat untuk menikahinya, jauhkan tanganmu sampai dia menjadi istrimu." 

15. "Ketika Anda merasa rendah atau sedih, lihatlah sekelilingmu. Siapa temanmu? Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang mengingatkanmu kepada Allah dan menjadi bahagia."

16. "Orang yang terlalu cemburu berusaha untuk menyakiti dan menyakiti orang lain, tetapi pada akhirnya hanya merugikan dirinya sendiri."

17. "Takutlah kepada Allah karena azab-Nya. Cintailah Allah karena Dia penuh rahmat."

18. "Daripada menekankan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, berdoalah kepada Yang Maha Kuasa dan temukan kelegaan."

19. "Jika seseorang memiliki akhlak yang baik, seseorang dapat mencapai tingkat pahala yang sama dengan orang-orang yang menghabiskan malam mereka dalam doa."

20. "Sesungguhnya Allah tidak menzalimi manusia sama sekali, tetapi manusialah yang menganiaya dirinya sendiri."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Renungan Islami

21. "Janganlah patah hati jika doa engkau tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tahu apa yang akan Dia perbuat."

22. "Allah tidak membebani jiwa lebih dari yang dapat ditanggungnya."

23. "Ilmu tanpa adanya agama adalah sesuatu kecacatan dan agama tanpa ilmu merupakan kebutaan."

24. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

25. "Meminta maaf tak perlu menunggu momen Lebaran, meminta maaflah ketika berbuat salah."

26. "Waspadalah bila ditemukan di tempat yang dilarang Allah dan waspadalah terhadap ketakhadiran dari tempat yang Allah perintahkan kepadamu."

27. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."

28. "Lebih baik menunggu orang yang benar-benar kita harapkan daripada menghabiskan waktu dengan orang yang tidak tepat."

29. "Sedekah tidak sama dengan matematika, bisa ditambah, dikurangi, dibagi, dan dikali karena sedekah itu akan berlimpah dan berkali lipat kembali kepada kita."

30. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Renungan Islami

31. "Jangan pernah berpikir bahwa permintaan apa pun yang kamu miliki terlalu banyak untuk Allah. Dia berkata, 'Jadilah' dan maka akan benar-benar terjadi."

32. "Rugi sekali jika seorang pria melepas wanita yang cantik akhlaknya hanya demi mengejar wanita yang cantik wajahnya."

33. "Perhitungkan dirimu sendiri sebelum kamu diperhitungkan. Timbang perbuatanmu sebelum ditimbang." - Umar ibn Al-Khattab.

34. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

35. "Daripada stres tentang hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, berdoalah kepada Yang Maha Kuasa dan temukan kelegaan."

 

Sumber: Technobb, Islamicquotes

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer