5 Insiden yang Membuat Hubungan Lewis Hamilton dan Max Verstappen di Ajang F1 Jadi Hancur Lebur: Api Semakin Berkobar Usai Silverstone

Oleh Hendry Wibowo pada 21 Jul 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 21 Jul 2021, 10:00 WIB
Foto: Meski Kena Penalti, Lewis Hamilton Berhasil Raih Podium Juara di F1 GP Inggris
Insiden antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton di sektor Copse pada balapan F1 GP Inggris. (Foto: AP/Jon Super)

Bola.com, Jakarta - Perseteruan antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen pada balapan F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone hari Minggu (18/07/2021) lalu dipastikan semakin memperuncing hubungan buruk kedua. 

Singkat cerita, dua pembalap yang sedang bersaing menjadi juara dunia ini terlibat senggolan di sektor Copse. Imbasnya mobil Max Verstappen melintir keluar dan menabrak bantalan ban pembatas sirkuit.

Max Verstappen yang sedang memimpin klasemen pun tidak bisa melanjutkan balapan. Bendera merah berkibar tanda balapan dihentikan dan semua pembalap kembali ke pit.

Petugas balapan langsung investigasi insiden dan memberikan Lewis Hamilton penalti 10 detik. Penalti ini memang memperberat perjuangan Hamilton tapi pada akhirnya pembalap Mercedes itu tetap finis pertama pada balapan kandang dirinya. 

Sungguh tidak adil, itulah ada yang dibenak seorang Max Verstappen. Apalagi ia melihat Lewis Hamilton bersuka cita disaat dirinya masih di rumah sakit memeriksakan kondisinya akibat kecelakaan di lap pembuka F1 GP Inggris.

"Jelas sangat kecewa karena harus keluar (dari balapan) seperti ini. Hukuman yang diberikan tidak membantu kami dengan cara ap pun dan tidak adil terhadap langkah berbahaya yang dilakukan Lewis di jalurnya," kata Max Verstappen melalui jejaring sosial Instagram.

"Melihat selebrasi (Lewis Hamilton) setelah balapan saat masih di rumah sakit adalah perilaku yang tidak sopan dan tidak sportif, tetapi kami akan terus maju," lanjut pembalap asal Belanda itu.

Pernyataan di atas jelas, saat ini Max Verstappen tidak melihat aspek positif dari sosok Lewis Hamilton. Rivalitas panas, di dalam maupun luar trek antara keduanya diprediksi bakal memuncak pada 13 seri tersisa F1 2021.

Nah mengutip Daily Mail, Bola.com mencatat setidaknya lima momen yang menunjukkan hubungan Max Verstappen dan Lewis Hamilton memang sudah buruk sebelum balapan di Silverstone. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya.  

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

1. F1 GP Malaysia 2017

Sirkuit Sepang
Sirkuit Sepang tak akan lagi menggelar balapan F1 GP Malaysia setelah musim 2017. (Autosport)

Awal rivalitas antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton terjadi pada balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia tahun 2017. Pada race ini, Verstappen sudah mengincar Hamilton sejak lap pertama.

Puncaknya Verstappen membuntuti Hamilton sebagai pimpinan balapan. Namun pembalap asal Inggris itu enggan terpancing aksi driver Red Bull Racing tersebut lantaran sedang bersaing jadi juara dunia.

Hamilton pilih membiarkan Verstappen mengasapinya dan akhirnya anak dari eks pembalap F1, Jos Verstappen itu memenangkan balapan.

3 dari 6 halaman

2. F1 GP Bahrain 2018

Foto Ragam: Pimpin Balapan dari Awal Pertandingan, Verstappen Berhasil Rebut Kemenangan dan Perlebar Poin dari Hamilton
Ilustrasi persaingan ketat antara Verstappen dan Hamilton. (Foto: AP/Pool/Darko Vojinovic)

Max Verstappen dan Lewis Hamilton terlibat persaingan wheel to wheel pada balapan di Sirkuit Sakhir, Bahrain ini. Puncaknya, ban milik Verstappen mengalami puncture atau rusak.

Hamilton sendiri akhirnya naik podium tapi mengkritik aksi Max Verstappen dan mempertanyakan kedewasaan pembalap yang kala itu masih berusia 21 tahun. Hamilton juga menyebut Verstappen kurang respek terhadap lawan di trek.

4 dari 6 halaman

3. F1 GP Meksiko 2019

Foto Formula 1: Verstappen Semakin Tak Tergoyahkan setelah Menangi Balapan Ketiganya Secara Beruntun
Max Verstappen (Foto: AFP/Joe Klamar)

Kali ini di Meksiko, Lewis Hamilton mendeskripsikan sosok Max Verstappen sebagai magnet kecelakaan. Artinya pembalap yang coba mendekatinya, pasti mengalami masalah.

Hamilton berbicara seperti itu setelah mengalami kontak ringan dengan Verstappen sehingga keduanya sama-sama keluar lintasan dan kehilangan banyak posisi.

Hamilton turut menyindir: "Jika Anda pernah melihat balapan sebelumnya, saya selalu memberikan Max banyak ruang, itu hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan."

5 dari 6 halaman

4. F1 GP Bahrain 2021

Lewis Hamilton dan Max Verstappen
Lewis Hamilton dan Max Verstappen pada sebuah balapan F1 2021. (LARS BARON / AFP)

Max Verstappen geram terhadap Lewis Hamilton karena kegagalannya memenangi F1 GP Bahrain 2021. Drama terjadi menjelang akhir balapan. Pada lap 54, Verstappen mencoba melakukan manuver overtake.

Verstappen yang turun dengan ban lebih segar, berhasil menikung Hamilton dan berbalik unggul di lintasan. Sayang, keunggulan Max tak bertahan lama. Mobil yang dikendalikannya melebar di tikungan hingga kehilangan momentum.

Oleh timnya, Verstappen dapat instruksi membiarkan Hamilton memimpin hingga tikungan 10, baru kemudian melancarkan serangan. Namun strategi itu gagal total karena dirinya tak mampu berbuat banyak hingga harus puas dengan posisi runner up saat finis.

"Saya lebih memilih diberi penalti daripada membiarkan Hamilton lewat," ujar Verstappen usai lomba GP Bahrain. "Saya punya kesempatan emas tapi membuangnya begitu saja. Akhirnya saya tidak bisa menempelnya (Hamilton)," tambahnya.

6 dari 6 halaman

5. F1 GP Imola 2021

FOTO: Max Verstappen Tercepat di F1 GP Prancis
Pembalap Max Verstappen (kanan) melakukan selebrasi bersama Lewis Hamilton usai memenangkan F1 GP Prancis di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis, Minggu (20/6/2021). Max Verstappen tercepat di F1 GP Prancis. (Nicolas Tucat/Pool via AP)

Max Verstappen keluar sebagai pemenang pada balapan di Imola tahun ini saat mereka kembali melakukan duel wheel-to-wheel di lap pertama.

Lewis Hamilton terpental di atas trotoar, mematahkan bagian penting dari sayap depannya yang harus dibayar mahal, dengan Verstappen menang dengan selisih 22 detik.

Usai balapan F1 GP Imola, Hamilton memberikan pujian untuk Verstappen. "Pertama, saya ingin mengakui dan memberi selamat kepada Max," kata Hamilton dikutip dari laman SkySport.

"Dia melakukan pekerjaan yang solid hari ini untuk tidak membuat kesalahan dalam kondisi yang paling sulit," tambahnya.

Sumber: Daily Mail

 

Lanjutkan Membaca ↓