Indonesia Harus Gigit Jari, Australia Resmi Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 21 Jul 2021, 17:12 WIB
Diperbarui 21 Jul 2021, 17:12 WIB
Olimpiade 2032
Australia terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 setelah melalui pemilihan suara yang Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada pertemuan tahunan ke-138. (AFP/Toru Hanai)

Bola.com, Tokyo - Australia resmi terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mengalahkan Indonesia yang juga mencalonkan diri. Nantinya, Olimpiade edisi ke-35 itu digelar di ibukota negara bagian Queensland, Brisbane.

Brisbane terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 pada pemungutan suara yang digelar dalam pertemuan tahunan yang dilakukan Komite Olimpiade Internasional (IOC), Rabu (21/7/2021). Brisbane mengumpulkan 72 suara dari total 77 suara.

Presiden IOC, Thomas Bach, menyambut baik terpilihnya Brisbane sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Thomas Bach berharap terpilihnya Brisbane bisa memberikan dampak positif pada pembangunan sosial dan ekonomi.

"Visi dan rencana pertandingan di Brisbane 2032 sesuai dengan strategi regional dan nasional jangka panjang untuk pembangunan sosial dan ekonomi di Queensland dan Australia," kata Thomas Bach di situs resmi IOC.

"Pemungutan suara hari ini adalah suara kepercayaan Brisbane dan Queensland akan menggelar Olimpiade dan Paralimpiade 2032 yang megah. Kami telah mendengar banyak hal positif dari anggota IOC dan Federasi Internasional dalam beberapa bulan terakhir," tegas Thomas Bach.

Australia berhasil mengalahkan India, Indonesia, Qatar, Jerman, dan Spanyol. Ini menjadi edisi ketiga sepanjang sejarah Australia menjadi tuan rumah Olimpiade setelah 1956 dan 2000.

2 dari 3 halaman

Sambut Antusias

Olimpiade 2032
Australia terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 setelah melalui pemilihan suara yang Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada pertemuan tahunan ke-138. (AFP/Toru Hanai)

Presiden Komite Olimpiade Australia, John Coates, menyambut antusias terpilihnya Australia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. John Coates menjanjikan pengalaman tak terlupakan bagi para atlet yang akan tampil.

"Ini adalah hari yang sangat membanggakan bagi Australia. Saya berterima kasih kepada anggota IOC atas kepercayaan mereka," kata John Coates seperti dikutip The Guardian.

"Brisbane 2032 benar-benar berkomitmen untuk melayani cita-cita gerakan Olimpiade. Saya memberikan komitmen ini kepada para atlet dunia, kami akan memberikan Anda pengalaman tak terlupakan," tegas John Coates yang juga Wakil Presiden IOC.

Sumber: IOC dan The Guardian

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights | Angkat Besi 61kg Putra | Olimpiade Tokyo 2020