Sukses


11 Cara Mengobati Gusi Bengkak tanpa Perlu ke Dokter

Bola.com, Jakarta - Cara mengobati gusi bengkak bisa dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke dokter, khususnya untuk gejala ringan.

Gusi bengkak merupakan gangguan mulut yang cukup sering dialami. Pembengkakan di gusi bisa menjadi tanda adanya masalah, seperti penyakit gusi atau infeksi. Gusi yang bengkak dapat menganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat menguyah makanan.

Bukan hanya gigi, kesehatan gusi berperan penting untuk menunjang kesehatan mulut. Gusi merupakan jaringan berwarna merah muda yang menutupi tulang rahang. Jaringan tersebut tebal, berserat, dan dipenuhi pembuluh darah.

Cara mengobati gusi bengkak ini akan membantu mengatasi nyeri yang timbul akibat pembengkakan. Namun, jika dalam beberapa hari tak mengalami penyusutan, sebaiknya berkunjung ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut cara mengobati gusi bengkak tanpa perlu pergi ke dokter, dinukil dari laman Klikdokter, Sabtu (24/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak Tanpa Perlu ke Dokter

1. Sikat Gigi Rutin

Sikat gigi minimal dua kali sehari. Lakukan penyikatan gigi selama dua menit agar efektif dalam membersihkan plak yang dapat memperparah gusi bengkak.

2. Bersihkan Sela-Sela Gigi

Bersihkan sela gigi dengan benang gigi atau sikat interdental. Tindakan ini bertujuan untuk membersihkan celah atau sela gigi dari sisa makanan yang tersangkut dan berisiko menyebabkan gusi bengkak.

3. Kumur Air Garam

Berkumur air garam dapat membantu meredakan gusi bengkak dan membersihkan mulut dari bakteri. Anda dapat mencampurkan 2-3 sendok teh garam ke segelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur-kumur, lakukan setidaknya tiga kali sehari sampai rasa sakit reda.

4. Minum Banyak Air

Mengonsumsi air dalam jumlah cukup bisa merangsang produksi air liur dan melemahkan bakteri di mulut.

5. Kompres Air Dingin 

Mengompres air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan di gusi. Anda bisa menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain bersih, lalu tempelkan selama beberapa saat di gusi yang bengkak.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak Tanpa Perlu ke Dokter

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Anda bisa makan buah stroberi dan kiwi yang kaya akan vitamin C dan baik untuk kesehatan mulut. Lalu, konsumsi makanan yang mengandung sifat antibakteri seperti bawang putih.

Tak hanya itu, ada jamur shitake yang mengandung senyawa lentinan untuk mencegah radang gusi. Anda juga bisa bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian karena mengandung fosfor magnesium, potasium, seng, dan kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

Lalu, makan makanan seperti apel, seledri, serta sayuran yang rendah asam dan kaya serat baik untuk meningkatkan produksi air liur.

7. Stop Merokok dan Minum Alkohol

Hindari kebiasaan buruk seperti merokok atau minuman beralkohol karena dapat memperparah kondisi pembengkakan gusi.

8. Bersihkan Karang Gigi

Melakukan prosedur pembersihan karang gigi dengan cara scaling atau root planning dapat membersihkan bakteri di sekitar akar gigi dan celah gusi.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak Tanpa Perlu ke Dokter

9. Kumur Larutan Chlorhexidine

Berkumur dengan larutan yang mengandung chlorhexidine dapat menjadi satu di antara cara untuk mengobati gusi bengkak akibat peradangan.

10. Hentikan Konsumsi Obat Tertentu

Anda bisa menghentikan dan mengganti pemakaian obat-obatan yang memicu terjadinya gusi bengkak. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

11. Oleskan Gel

Mengoleskan gel yang mengandung asam hialuronat dan aloe vera dapat meredakan gusi bengkak yang luka karena trauma.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 10/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer