Sukses


5 Jenis Pukulan Bulu Tangkis yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Ada beberapa hal yang perlu kamu kuasai saat bermain bulu tangkis. Terlebih jika kamu ingin menekuninya secara profesional. Satu di antara aspek permainan bulu tangkis yang perlu dimengerti dan dimiliki seorang pemain adalah kemampuan dalam melepaskan pukulan.

Sebab, dalam olahraga bulu tangkis, teknik memukul sangat berpengaruh terhadap hasil pukulan.

Selain itu, teknik pukulan yang diterapkan sangat penting untuk menentukan strategi permainan yang efektif.

Tidak hanya sekadar memukul kok (shuttlecock) ke arah lawan, kemampuan melepaskan pukulan ini berguna saat seorang pemain terlibat dalam pertandingan agar dapat dengan benar menempatkan kok di area lawan untuk memperoleh angka.

Selain menentukan strategi baik demi mencetak poin, seorang pemain bisa menyusun taktik untuk bertahan dari serangan lawan. Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan untuk memahaminya dan tentu saja praktik serta latihan secara disiplin untuk bisa menguasainya. 

Berikut ini beberapa penjelasan jenis pukulan bulu tangkis, yang perlu dikuasai seorang pemain, dikutip dari laman Btrbooks, Senin (26/7/2021).

2 dari 4 halaman

Pukulan Service dalam Permainan Bulu Tangkis

1. Pukulan Service dalam Permainan Bulu Tangkis

Yang pertama, dikenal sebagai service. Service ialah pukulan yang dilakukan sebagai pembuka atau untuk memulai permainan. Pukulan service ini terbagi atas tiga cara, yakni:

  • Service pendek (short service). Service ini dilakukan dengan cara mengarahkan pukulan ke bagian depan lapangan lawan. Service pendek ini biasanya digunakan dalam nomor ganda.
  • Service panjang (long service). Service panjang atau long service dilakukan dengan cara memukul kok dari bawah, kemudian mengarahkannya ke bagian belakang atas dari lapangan lawan.
  • Flick service memiliki cara seperti service pendek. Bedanya, pada flick service ketika raket hampir menyentuh kok, secara tiba-tiba pergelangan tangan dikibaskan sehingga laju kok menjadi cepat dan arahnya melambung ke bagian belakang daerah service. Flick service ini sering dilakukan dalam nomor ganda.
3 dari 4 halaman

Pukulan Lob dalam Permainan Bulu Tangkis

2. Pukulan Lob

Lob merupakan pukulan penting, baik untuk pola pertahanan (defensive) maupun pada pola penyerangan (ofensive). Pukulan ini dapat dilakukan dari bawah kepala (under head lob) maupun dari atas kepala (over head lob). Pukulan ini terbagi menjadi dua macam, yakni:

- Lob serang

Seperti namanya, pukulan lob ini berguna untuk kegiatan penyerangan. Ciri khas dari lob serang adalah pukulannya menjadikan laju kok lebih cepat dan arah lambungannya agak rendah, melewati lawan ke bagian belakang lapangan.

Lob ini dilakukan, semisal ketika pemain lawan sedang hilang keseimbangan atau mengalami salah posisi, atau terpaksa bergerak maju mengejar sebuah drop yang dilancarkan. Pukulan lob serang ada dua jenis cara, yaitu lob serang dari atas dan lob serang dari bawah.

Lob serang dari atas dilakukan dengan pemukulan kok diambil dari bagian depan di atas kepala, rendah, dan cepat. Sedangkan lob serang dari bawah dilakukan dengan pemukulan kok diambil dari bagian bawah, rendah, dan juga cepat.

- Lob penangkis

Pukulan lob penangkis bertujuan mempertahankan serangan atau menangkis serangan. Ciri khas dari lob ini, yaitu pada pukulan kok yang dilambungkan tinggi dan jauh sampai bagian belakang lapangan lawan.

Dengan lambungan kok yang tinggi dan jauh, keuntungan yang diperoleh adalah adanya lebih banyak waktu atau kesempatan untuk memperbaiki posisi. Makin tinggi lambungan kok, makin lama kok melayang di udara sehingga makin banyak pula waktu untuk memperbaiki posisi.

Di sisi lain, juga bisa makin membuat lawan kesulitan serta kelelahan. Sebab, di bagian belakang lapangan itulah lawan akan menjadi tidak begitu berbahaya.

Tak ubahnya lob serang, pada lob penangkis terdapat dua cara, yaitu dari bawah dan dari atas. Lob penangkis dari atas dilakukan dengan memukul kok dari depan di atas kepala. Sedangkan lob penangkis dari bawah dilakukan dengan memukul kok dari bawah.

4 dari 4 halaman

Pukulan Drive, Dropshot, dan Smash dalam Permainan Bulu Tangkis

3. Pukulan Drive

Pukulan drive, biasa digunakan untuk memberi tekanan pada lawan, dan agar lawan tidak punya kesempatan menyerang dengan pukulan overhead. Dilakukan ketika kok datang mendatar atau ketika pukulan overhead tidak mungkin lagi dilakukan.

Pukulan ini dapat mempercepat tempo permainan dengan kok diluncurkan rendah dan rata dengan net. Selain itu, pukulan drive dapat mengacaukan posisi lawan.

4. Pukulan Dropshot

Pukulan ini dilakukan untuk mengarahkan kok secepatnya dan sedekat mungkin dengan net pada lapangan lawan. Pukulan dropshot harus diupayakan agar kok jatuh tajam ke bawah.

Dropshot dilakukan ketika posisi kok di puncak ketinggiannya dan jangan sampai kok turun di bawah net. Dropshot juga dapat dilakukan dengan dua cara, dari atas dan dari bawah.

5. Pukulan Smash

Smash adalah pukulan yang cepat, keras, menukik, dan masuk tajam ke lapangan lawan. Pukulan smash sama dengan pukulan lob. Bedanya, pada lob kok dipukul ke atas, namun pada smash, kok dipukul tajam ke bawah.

 

Sumber: Btrbooks.com

Video Populer

Foto Populer