Sukses


Cara Memperbaiki Aki Kering, Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri

Bola.com, Jakarta - Aki merupakan perangkat penting dalam kendaraan karena bertugas sebagai sumber energi listrik dalam bentuk kimia. Sumber listrik yang tersimpan dalam aki berfungsi menyuplai kebutuhan listrik yang ada di kendaraan.

Aki yang ada di kendaraan, baik mobil maupun motor ada dua jenis, yakni basah dan kering. Biasanya aki kering lebih banyak dipilih karena dirasa lebih awet saat digunakan.

Tak hanya itu, aki kering juga lebih praktis dalam hal perawatan serta memiliki aliran listrik yang lebih kuat dan stabil. Meski merawat aki kering bisa dibilang lebih mudah, penting untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering.

Dengan memperbaikinya, aki bisa kembali digunakan tanpa membeli yang baru. Apalagi harga aki tidak murah.

Selain mengetahui cara memperbaiki aki, penting memahami cara merawatnya agar awet dan tidak cepat rusak.

Berikut ini rangkuman tentang cara memperbaiki aki kering, seperti dilansir dari laman autos.id, Rabu (28/7/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Memperbaiki Aki Kering

Peralatan yang harus disiapkan:

1. Obeng minus.

2. Obeng plu.

3. Pisau. Bisa pisau dapur atau gergaji besi.

4. Air aki yang dapat dibeli di bengkel atau toko otomotif.

5. Solasi atau selotip dengan ukuran besar.

Cara memperbaiki aki kering:

1. Lepas aki dari tempatnya.

2. Buka bagian penutup aki menggunakan pisau atau gergaji yang telah disiapkan sebelumnya. Ingat, lakukan dengan hati-hati agar pisau dan gergaji tidak melukai tangan.

3. Perhatikan pada bagian atas aki yang terdapat tulisan 'Do Not Open', lalu gergaji bagian tersebut. Lakukan hal yang sama pada bagian samping serta belakang dari penutup aki.

4. Lepas bagian penutup pada wadah aki. Setelah terbuka, kamu akan menemukan enam lubang yang selanjutnya silakan diisi menggunakan air aki (accu zuur) yang telah dibeli di toko otomotif sebanyak 15 mililiter.

5. Hindari kotak langsung cairan accu dengan kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Jika terlanjur kena, segera gosok menggunakan sabun agar iritasi bisa berkurang.

6. Setelah lubang terisi semua, tutup lubang tersebut menggunakan penutup aki. Agar merekat kuat, gunakan solasi.

7. Jika memang aki kering masih belum menunjukkan tanda perbaikan, ada baiknya kamu membongkar aki sekali lagi untuk mengamati jika ada sel-sel pada aki yang rusak.

3 dari 3 halaman

Cara Merawat Aki agar Tidak Cepat Rusak

1. Perhatikan beban penggunaan

Cara merawat aki mobil bisa dengan memperhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan aki harus dilakukan secara rutin.

Pengecekan tersebut berguna agar tahu kondisi aki dan segara bisa ditangani jika ada yang tidak beres. Pengecekan beban penggunaan aki bisa dilakukan di secara mandiri atau datang ke bengkel.

2. Bersihkan Aki Secara Berkala

Untuk merawat aki bersihkan aki secara berkala. Satu di antara bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki.

Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini yang biasanya menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat.

3. Panaskan Mobil Secara Berkala

Meski mobil tidak akan dipakai, memanasi mesin mobil setiap hari merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki.

Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5-10 menit.

4. Pastikan Ketersediaan Listrik di dalam Aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah satu di antara cara terbaik dalam merawat aki. Saat kamu merasa kendaraan, baik mobil maupun motor sulit dinyalakan maka ada kemungkinan cadangan listrik di dalam aki sudah mulai menipis.

Jadi, segera isi ulang cadangan listrik mobil.

 

Sumber: Autos

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer