Sukses


Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline, Praktis Banget

Bola.com, Jakarta - BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Program BPJS Kesehatan tersebut telah ditetapkan dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Sosial.

Sebelumnya, program ini bernama Askes (Asuransi Kesehatan). Dengan BPJS Kesehatan, masyarakat bisa berobat dengan aman dan terjangkau.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin merasakan manfaat dari jaminan kesehatan ini, bisa mendaftarkan diri. Adapun cara mendaftar BPJS Kesehatan, bisa secara langsung ke kantor atau secara online.

Saat ini cukup banyak masyarakat yang berminat terhadap program BPJS Kesehatan, terutama karena iuran yang dibayar per bulannya terjangkau, sesuai kemampuan ekonominya.

Cara bayar BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online atau datang langsung ke loket pembayaran. Adapun tenggat waktu dalam membayar iuran paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.

Berikut ini rangkuman tentang cara bayar iuran BPJS Kesehatan yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman indonesia.go.id dan online-pajak.com, Rabu (28/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Daftar BPJS Kesehatan

Sebelum mengetahui cara bayar BPJS Kesehatan, penting mengetahui bagaimana mendaftarnya. Berikut cara daftar BPJS Kesehatan online yang mudah dari website:

1. Buka dan kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan, yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

2. Isi nomor Kartu Keluarga (KK), lalu masukkan kode captcha sesuai gambar yang muncul pada halaman. Setelah itu, klik Inquery Kartu keluarga.

3. Setelah itu, akan muncul daftar anggota keluarga secara otomatis. Pada tahap ini, seluruh anggota keluarga akan terpilih, kemudian klik menu Proses Selanjutnya.

4. Berikutnya, akan muncul tampilan data formulir yang harus dilengkapi. Seperti nomor NPWP, kelurahan/desa, nomor HP, dan alamat tinggal.

5. Setelah itu, centang kolom pernyataan bahwa alamat yang digunakan sesuai alamat yang tertera di KTP.

6. Selanjutnya, pilih fasilitas kesehatan (faskes) yang akan digunakan. Cari faskes dengan menggunakan kolom pencarian. Anda bisa memilih Puskesmas, klinik, atau dokter pribadi yang bekerja sama dengan layanan BPJS Kesehatan.

7. Kemudian, unggah foto dengan ukuran maksimal 50 kb, lalu klik Proses Selanjutnya.

8. Lalu akan muncul formulir data yang harus diisi dengan lengkap. Seperti peserta anggota keluarga, kelas perawatan, nomor rekening bank, nomor HP, dan alamat email.

9. Kemudian ketik kode captcha yang telah disediakan, lalu klik Kirim Email.

10. Buka e-mail konfirmasi. Jika Anda tidak menemukan email masuk, periksa spam folder atau junk.

11. Klik URL aktivasi pada email dan Anda akan mendapatkan nomor VA (virtual account).

12. Pada tahap ini proses online sudah selesai, Anda tinggal melakukan pembayaran ke bank.

13. Tombol e-ID sudah dapat diunduh setelah melakukan pembayaran.

3 dari 4 halaman

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Setelah mendaftar, ketahui juga cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan. Berikut cara cek tagihan BPJS Kesehatan, yang pertama adalah melalui website resmi:

- Masuk ke web BPJS https://bpjs-kesehatan.go.id, melalui browser yang terpasang di handphone.

- Pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan.

- Isi data yang dibutuhkan seperti nomor kartu BPJS kesehatan, tanggal lahir, dan kode keamanan atau cptcha.

- Selanjutnya klik Cek.

- Tunggu sampai proses loading selesai dan lihat pada layar akan memunculkan daftar lengkap tagihan yang harus dibayarkan.

- Selain tampilan tagihan, ada juga denda jika memang ada keterlambatan pembayaran.

4 dari 4 halaman

Cara Bayar BPJS Kesehatan

Berikut cara bayar BPJS Kesehatan yang perlu diketahui:

1. Cara bayar BPJS Kesehatan yang pertama, dengan datang langsung. Anda bisa mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa kartu atau memberi informasi nomor anggota. Peserta hanya perlu menuju loket yang disediakan untuk melakukan pembayaran.

2. Cara bayar BPJS juga dapat dilakukan melalui bank yang bermitra dengan BPJS, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan BCA. Pembayaran bisa melalui internet banking dan mobile banking.

3. Cara bayar BPJS via kantor pos bisa dipraktikkan. Cara ini bisa menjadi pilihan, di samping melayani pengiriman barang Kantor Pos juga melayani segala bentuk pembayaran, termasuk iuran BPJS Kesehatan.

4. Cara bayar BPJS dapat melalui e-commerce mitra, seperti Bukalapak, Tokopedia, Gopay, dan lain sebagainya.

5. Cara bayar BPJS menggunakan e-wallet yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, seperti OVO, Gopay, dan DANA.

6. Cara bayar BPJS dapat pula dilakukan melalui minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart.

7. Cara bayar BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Dengan aplikasi mobile JKN, Anda bisa melakukan pembayaran autodebet. Pastikan telah mendownload aplikasi mobile JKN via Playstore.

 

Sumber: Indonesia, Online-pajak

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer