Sukses


9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres, Perlu Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan seperti sekarang, yang berjalan begitu cepat dengan banyaknya tuntutan serta tekanan, banyak orang mengalami stres. Saat stres melanda, Anda tentu harus mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Merasakan stres atau gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ujungnya, akan memengaruhi kualitas hidup.

Stres dapat dipicu berbagai faktor, mulai urusan pekerjaan, masalah pribadi, dan kondisi lingkungan sekitar.

Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul saat diri seseorang menghadapi perubahan, ancaman, serta tekanan yang datang dalam berbagai bentuk.

Stres yang berkepanjangan bisa membuat keadaan tubuh menjadi lemah dan terserang berbagai jenis penyakit. Itulah mengapa, perlu segera mengatasinya. Menerapkan pola hidup sehat menjadi satu di antara cara menghindarkan Anda dari stres.

Berikut sembllan cara sederhana menghilangkan stres, yang bisa Anda coba, dikutip dari Healthline, Rabu (28/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menghilangkan Stres

1. Mendengarkan Musik

Jika Anda merasa kewalahan oleh situasi yang membuat stres, cobalah beristirahat dan mendengarkan musik yang menenangkan. Memutar musik yang tenang memiliki efek positif pada otak dan tubuh, dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kortisol, hormon yang terkait dengan stres.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dengarkan musik yang berirama pelan, gunakan headset atau earphone agar Anda dapat lebih terbawa suasana.

2. Bermain dengan Kucing atau Anjing

Satu di antara alasan mengapa anjing atau kucing dijadikan hewan terapi karena keduanya dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu untuk mencurahkan kasih sayang.

Membelai, memeluk, atau menyentuh hewan penuh kasih dapat dengan cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Kedua hormon tersebut berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran dan otot. Dengan cara inilah, Anda akan menjadi lebih rileks dan stres akan menghilang.

3. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat membuat otot dan tubuh Anda menjadi lebih rileks, membantu meredakan atau bahkan menghilangkan stres yang sedang Anda rasakan.

Anda juga dapat menambah minyak esensial beraroma terapi seperti bunga lavender atau mawar, yang ampuh membantu tubuh menjadi lebih nyaman serta rileks.

3 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menghilangkan Stres

4. Memiliki Waktu Tidur yang Lebih Baik

Semua orang tahu stres dapat menyebabkan Anda kurang tidur. Sayangnya, kurang tidur juga merupakan penyebab utama stres. Lingkaran setan ini menyebabkan otak dan tubuh rusak dan makin memburuk seiring berjalannya waktu.

Anda perlu memiliki waktu tidur yang tepat apabila ingin menghindari stres. Jika Anda mengalami insomnia, coba berbagai langkah untuk mengatasinya, seperti menghirup napas dalam-dalam, menenangkan diri sebelum tidur, dan meminum teh hijau.

5. Meminum Jus Jeruk 

Jus jeruk tidak hanya lezat dan bergizi, tetapi minuman menyegarkan ini menyebabkan Anda lebih tenang dan kembali fokus.

Makanan dan minuman tinggi vitamin C, seperti jus jeruk, mampu secara fisiologis mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres, termasuk kortisol. Selain itu, vitamin ini dapat memerangi kerusakan akibat stres oksidatif.

6. Melakukan Kontak Fisik

Sentuhan dapat menjadi penenang yang ampuh. Saat sedang stres, coba datangi pasangan, keluarga atau sahabat kesayangan Anda dan meminta mereka memberi pelukan.

Rasakan energi hangat mereka karena dengan demikian, dapat menghilangkan segala kecemasan. Berbagi cerita kepada mereka menjadi cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres.

4 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menghilangkan Stres

7. Berbicara pada Diri Sendiri

Terkadang menelepon teman atau kerabat bukanlah pilihan. Jika ini masalahnya, mencoba 'berbicara' dengan tenang kepada diri sendiri bisa menjadi hal terbaik untuk Anda lakukan.

Jangan khawatir terlihat gila, katakan saja pada diri sendiri mengapa Anda stres, apa yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikannya, dan yang terpenting berpikirlah bahwa semuanya akan baik-baik saja.

8. Mengunyah Permen Karet

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengunyah permen karet. Tidak hanya menyegarkan napas dan menekan kebiasaan ngemil, permen karet dapat mengurangi kecemasan dan depresi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Andrew Scholey, Ph.D. dari Centre for Human Psychopharmacology Universitas Teknologi Swinburne (Melbourne), peserta yang secara teratur mengunyah permen karet menunjukkan penurunan tingkat kecemasan, meningkatkan kewaspadaan, mengurangi stres, dan meningkatkan kemajuan multi-tasking.

9. Tidak Menunda Pekerjaan

Cara lain untuk mengendalikan stres Anda adalah tetap pada prioritas Anda dan berhenti menunda-nunda seluruh pekerjaan yang dimiliki.

Penundaan membuat Anda bertindak secara reaktif, membuat Anda berebut untuk menipiskan ketertinggalan. Hal ini bisa menyebabkan stres, yang berdampak negatif pada kesehatan dan kualitas tidur.

Biasakan membuat daftar tugas yang disusun berdasarkan prioritas. Beri diri Anda tenggat waktu yang realistis dan kerjakan daftarnya secara berlahan.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer