VIDEO: Momen Bersejarah di Olimpiade Tokyo 2020, Flora Duffy Asal Bermuda Raih Medali Emas

Oleh Okie Prabhowo pada 28 Jul 2021, 10:48 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 10:48 WIB

Bola.com, Tokyo - Momen bersejarah terjadi di Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga trilomba (triathlon) putri pada Selasa (27/7/2021). Atlet Bermuda, Flora Duffy, mempersembahkan medali emas untuk negaranya.

Bermuda tidak banyak berbicara sebelumnya di ajang Olimpiade. Negara dengan jumlah penduduk hanya 62.000 jiwa tersebut prestasi terbaiknya di Olimpiade yaitu medali perunggu.

Medali perunggu Bermuda diraih di Olimpiade Montreal, Kanada, pada 1976. Saat itu petinju Clarence Hill meraihnya di kelas berat putra. Hill lolos ke babak semifinal tetapi kalah dari petinju Rumania, Mircea Simon, dan akhirnya medali perunggu didapat atlet tinju kelahiran 26 Juni 1951 tersebut.

Kali ini, Bermuda mendapat medali yang sangat diinginkan semua atlet di dunia, emas di Olimpiade. Hal itu diraih berkat perjuangan keras dari atletnya, Flora Duffy. Atlet trilomba (triathlon) berusia 33 tahun itu menjadi yang terdepan dengan catatan waktu 1 jam, 55 menit, 36 detik.

Flora Duffy sempat berada di peringkat keenam saat lomba renang di 1.500 meter. Peringkatnya meningkat di lomba sepeda (40 kilometer) dengan berada di posisi ketiga. Namun, ia mencapai posisi terdepan saat melakoni lari sejauh 10 kilometer.

Pesaing Duffy yaitu atlet Britania Raya, Georgia Taylor-Brown, yang menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1 jam, 56 menit, dan 50 detik. Peringkat ketiga dihuni wakil dari Amerika Serikat, Katie Zaferes, dengan catatan waktu 1 jam, 57 menit, dan 3 detik.

Perjuangan atlet Bermuda, Flora Duffy, menjadi salah satu momen bersejarah di Olimpiade Tokyo 2020. “Menurut saya seluruh orang Bermuda akan bersuka cita, itu yang membuat ini sangat spesial. Ya, ini impian saya tetapi saya juga tahu pencapaian ini lebih besar dari saya,” ujar Duffy seperti dilansir Guardian.

 

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.