Sukses


Olimpiade Tokyo 2020: Lifter China Terindikasi Doping, Windy Cantika Bisa Dapat Perak

Bola.com, Tokyo - Lifter China, Hou Zhihui, terancam kehilangan emas pada angkat besi kelas 49kg Olimpiade Tokyo 2020 karena dugaan doping. Dengan begini, Windy Cantika Aisah yang sebelumnya meraih perunggu bisa 'naik kasta' dengan membawa pulang perak.

Hou Zhihui mencetak rekor Olimpiade dengan total angkatan 210kg sekaligus meraih emas, mengalahkan lifter India, Mirabai Chanu, yang hanya mencatatkan 202,8 kg.

Seluruh atlet, tanpa terkecuali, dari seluruh nomor dan cabor yang dipertandingkan, wajib menjalani tes usai bertanding. Hou Zhihui diminta untuk menjalani tes untuk kali kedua.

"Kami sudah mendengar soal ini, tapi dalam posisi menunggu pemberitahuan dari panitia Olimpiade. Jadi untuk tes doping, atlet diperiksa urinenya. Urinenya diambil 100 ml, dibagi menjadi 2dua, masing-masing 50 ml," terang Dirja Wiharja, pelatih angkat besi Indonesia kepada Bola.com.

"Dari pemeriksaan sampel A, yang 50 ml pertama, ada dugaan kandungan zat (doping), yang bisa membahayakan kesehatan atau membuat tambah kuat. Pemeriksaan kemudian lanjut ke sampel B."

Di tempat lain, kabar dari media-media India menyebut Hou Zhihui yang menjalani tes lanjutan di Kampung Atlet diduga memakai doping. Ia pun diminta untuk menetap lebih lama lagi di Tokyo.

Ada indikasi Hou Zhihui mengonsumsi stimulan peningkat stamina selama Olimpiade. Badan Anti-Doping Dunia (WADA) secara tegas melarang penggunaan obat-obatan jenis apapun.

 

Video

2 dari 2 halaman

Peluang Windy Raih Perak

Hasil tes diprediksi akan keluar paling lambat malam ini waktu Tokyo. Jika Hou Zhihui dinyatakan positif doping, Windy Cantika bisa meraih perak.

"Jika sudah ada hasilnya panitia mengumumkan. Kami posisinya menunggu saja, belum tahu juga zatnya apa," sambung Dirja.

"Windy sudah tahu soal ini. Kalau memang rezekinya (dapat perak) pasti nanti dapat," katanya memungkasi.

Adapun kalungan medali emas Hou Zhihui akan berpindah ke leher lifter India, Mirabai Chanu. Sementara medali perunggu bakal didapatkan Wan Ling Fang.

Video Populer

Foto Populer