Sukses


Macam-Macam Permainan Bola Besar, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Jenis olahraga dengan menggunakan bola dibagi menjadi dua, yaitu permainan bola besar dan kecil. Sesuai namanya, yang membedakan dari kedua olahraga diameter ukuran bola yang digunakan.

Permainan bola besar biasanya dimainkan oleh dua tim yang beranggotakan beberapa orang pemain. Jumlah pemain dalam setiap tim berbeda-beda tergantung jenis atau macam permainannya.

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari melakukan olahraga permainan bola besar untuk kesehatan.

Beberapa manfaat permainan bola besar untuk kesehatan, antara lain mampu menjaga stamina tubuh, dapat membentuk mental dan kepribadian yang kuat, mampu mengontrol berat badan, dapat meninggikan badan, terhindar dari osteoporosis, melatih fokus dan konsentrasi, dan membuat otot menjadi kuat.

Di sisi lain, permainan bola besar ada bermacam-macam. Apa saja macam-macam permainan bola besar yang populer?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam permainan bola besar beserta penjelasannya, dilansir dari laman perpustakaan.id, Kamis (28/7/2021). 

2 dari 9 halaman

Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing tim berisi 11 pemain inti, dan beberapa pemain cadangan.

Permainan ini memiliki waktu atau durasi permainan 2×45 menit. Dalam sepak bola terdapat banyak peraturan yang membatasi permainan agar berjalan lancar.

Peraturan tersebut harus dijalankan setiap tim dan akan diawasi oleh wasit. Sepak bola mempunyai induk organisasi tertinggi bernama FIFA.

3 dari 9 halaman

Bola Voli

Bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh enam orang setiap tim. Permainan bola voli hampir sama dengan bulu tangkis, di mana kedua tim dibatasi wilayahnya oleh net sebagai pembatas wilayah permainan.

Permainan ini termasuk permainan yang cukup populer, yang tak hanya dimainkan oleh pria saja, tetapi juga wanita. Induk organisasi voli dunia adalah FIVB, sedangkan nasional adalah PBVSI.

4 dari 9 halaman

Bola Basket

Bola basket merupakan permainan yang cukup bergengsi di kalangan olah raga bola besar. Permainan ini dimainkan oleh lima orang dalam satu tim.

Permainan ini memiliki prinsip tujuan memasukkan bola ke dalam ring basket lawan. Tim dengan poin terbanyak di akhir pertandingan akan menjadi pemenangnya.

Induk organisasi basket tingkat nasional adalah PERBASI sedangkan untuk induk organisasi internasional adalah Federation Internationale de Basketball (FIBA).

5 dari 9 halaman

Futsal

Futsal adalah olahraga yang dimainkan dua tim dengan masing-masing tim berjumlah lima orang, termasuk kiper. Futsal termasuk permainan olahraga bola besar karena jenis bola yang digunakan berukuran besar atau berdiameter 62-64 cm.

Dalam permainan ini, pergantian pemain tidak terbatas. Berbeda dari beberapa bentuk sepak bola dalam ruangan lainnya, futsal dimainkan di permukaan lapangan yang keras, yang dibatasi oleh garis, bukan dinding atau papan.

Induk organisasinya FIFA, sedangkan tingkat Nasional FFI (Federasi Futsal Indonesia).

6 dari 9 halaman

Polo Air

Polo air adalah olahraga tim kompetitif antara dua tim yang dilakukan di air, biasanya kolam yang sangat dalam sehingga pemain tidak dapat menyentuh dasarnya.

Permainan ini terdiri dari empat babak, di mana kedua tim berusaha mencetak gol dengan cara melempar bola ke gawang tim lawan. Masing-masing terdiri atas enam pemain lapangan dan satu pemain yang bertugas sebagai penjaga gawang.

7 dari 9 halaman

Rugby

Rugby adalah olahraga tim yang berasal dari Inggris. Permainan rugby dimainkan dua tim yang terdiri dari 15 pemain menggunakan bola berbentuk oval di lapangan persegi panjang.

Lapangan memiliki tiang gawang berbentuk H di kedua ujungnya. Rugby tak hanya dimainkan oleh pemain pria saja, tetapi juga wanita dari segala usia.

8 dari 9 halaman

Sepak Takraw

Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis. Dalam permainan sepak takraw pemain tidak boleh menyenth bola dengan tangan. Bola takraw umumnya terbuat dari anyaman rotan.

9 dari 9 halaman

Bowling

Bowling atau boling adalah ololahraga yang dimainkan dengan cara menggelindingkan bola khusus menggunakan satu tangan. Bola boling akan digelindingkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah, yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas.

Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding (lemparan), maka hal tersebut disebut strike.

 

Sumber: Perpustakaan

Video Populer

Foto Populer