Sukses


Jenis-Jenis Berita Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Berita adalah sebuah informasi yang sifatnya fakta yang sedang terjadi maupun sudah terjadi. Ada juga yang mendefinisikan berita sebagai apa yang ditulis surat kabar, apa yang disiarkan radio, dan apa yang ditayangkan televisi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita mempunyai arti cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwan yang hangat. Jadi, bisa disimpulkan, berita merupakan teks berisi informasi yang baru atau sedang terjadi.

Berdasarkan cara penyampaiannya, berita dibagi menjadi dua jenis, yakni berita disampaikan secara lisan dan secara tertulis (tulisan).

Penyampaian berita secara lisan sering kita dengar dan lihat di televisi. Sementara, berita yang disampaikan secara tulisan banyak dijumpai di media cetak atau online.

Berita yang kerap muncul di media cetak, elektronik maupun media online, ada beberapa jenis.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis berita beserta penjelasannya, seperti dilansir dari laman jurnal.staiba.ac.id, Kamis (29/7/2021). 

2 dari 9 halaman

1. Straight News Report

Straight news report adalah laporan langsung mengenai suatu peristiwa. Biasanya, jenis berita ini ditulis dengan unsur-unsur yang dimulai dari what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), dan how (bagaimana) (5W + 1H). Misalnya pemberitaan tentang sebuah kecelakaan lalu lintas.

Ditulis dengan gaya memaparkan peristiwa dalam keadaan apa adanya, tanpa ditambah dengan penjelasan, apalagi interpretasi. Berita langsung dibagi menjadi dua jenis, yakni berita keras atau hangat (hard news) dan berita lembut atau ringan (soft news).

3 dari 9 halaman

2. Depth News Report

Depth news report sedikit berbeda dengan straight news report. Depth news report merupakan pengembangan dari berita yang sudah muncul, dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan.

Reporter menghimpun informasi dengan fakta-fakta mengenai peristiwa itu sendiri sebagai informasi tambahan. Jenis laporan ini memerlukan penggalian informasi secara mendalam dan bukan opini reporter.

Pendalaman dilakukan dengan mencari informasi tambahan dari narasumber atau berita terkait.

4 dari 9 halaman

3. Comprehensive news report

Comprehensive news report merupakan laporan tentang fakta yang bersifat menyeluruh ditinjau dari berbagai aspek. Berita menyeluruh mencoba menggabungkan berbagai serpihan fakta itu dalam satu bangunan cerita peristiwa sehingga benang merahnya terlihat dengan jelas.

5 dari 9 halaman

4. Interpretative report

Berita interpretatif adalah berita yang dikembangkan dengan komentar atau penilaian wartawan atau narasumber yang kompeten atas berita yang muncul sebelumnya sehingga merupakan gabungan antara fakta dan interpretasi.

Berita intepretatif biasanya memfokuskan sebuah isu, masalah, atau peristiwa-peristiwa kontroversial.

Namun demikian, fokus laporan beritanya masih berbicara mengenai fakta yang terbukti bukan opini. Laporan interpretatif biasanya untuk menjawab pertanyaan 'mengapa'. Berawal dari informasi yang dirasakan kurang jelas atau tidak lengkap arti dan maksudnya.

6 dari 9 halaman

5. Feature story

Dalam berita berbentuk feature, reporter mencari fakta untuk menarik perhatian pembacanya, tidak hanya menyajikan informasi. Feature adalah jenis berita yang sifatnya ringan dan menghibur.

Feature menjadi bagian dari pemenuhan fungsi menghibur (entertainment) sebuah surat kabar. Penulis feature menyajikan suatu pengalaman pembaca yang lebih bergantung pada gaya (style) penulisan dan humor daripada pentingnya informasi yang disajikan.

Feature merupakan sebuah karangan khas yang menuturkan fakta, peristiwa, atau proses disertai penjelasan riwayat terjadi, duduk perkara, proses pembentukan, dan cara kerjanya. Sebuah feature umumnya mengedepankan unsur why dan how sebuah peristiwa.

7 dari 9 halaman

6. Investigative reporting

Berita penyelidikan (investigative news) adalah berita yang diperoleh dan dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber. Investigative reporting berisikan hal-hal yang tidak jauh berbeda dengan laporan interpretatif.

Dalam laporan investigasi, para wartawan melakukan penyelidikan untuk memperoleh fakta yang tersembunyi demi tujuan.

Disebut pula penggalian karena wartawan menggali informasi dari berbagai pihak bahkan melakukan penyelidikan langsung ke lapangan, bermula dari data mentah atau berita singkat.

Umumnya berita investigasi disajikan dalam format tulisan feature.

8 dari 9 halaman

7. Opinion News

Opinion news merupakan berita pendapat atau opini yang berisikan laporan pandangan seseorang mengenai suatu hal, ide kreatif, pemikiran atau komentar terhadap sesuatu yang penting.

Jenis berita opini ini biasanya berasal atau bersumber dari para ahli, cendikiawan, profesor, atau pejabat mengenai suatu masalah atau peristiwa.

Contoh dari opinion news misalnya adalah pendapat dari pengamat ekonomi mengenai turunnya harga rupiah di dunia.

 

9 dari 9 halaman

Jenis-Jenis Berita

Selain jenis-jenis berita di atas, dikenal pula jenis-jenis berita lainnya, antara lain:

1. Berita singkat (spot news), yaitu berita atau laporan peristiwa yang sedang terjadi secara langsung atau siaran langsung.

2. Berita basi, yaitu berita yang sudah tidak aktual lagi.

3. Berita bohong (libel), yaitu berita yang tidak benar atau tidak faktual sehingga menjurus pada kasus pencemaran nama baik.

4. Berita foto, yaitu laporan peristiwa yang ditampilkan dalam bentuk foto lepas, tidak ada kaitan dengan tulisan yang ada di sekelilingnya.

5. Berita kilat (news flash), yaitu berita yang penting segera diketahui publik, dimuat di halaman depan surat kabar.

6. Berita pembuka halaman (opening news), yaitu berita atau tulisan yang ditempatkan di bagian awal atau paling atas halaman surat kabar, semacam berita utama (headline).

 

Sumber: Staiba

Video Populer

Foto Populer