Sukses


Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami, Mudah!

Bola.com, Jakarta - Kegiatan membuat prakarya pasti ada dan wajib dilakukan murid yang duduk di bangku sekolah sebagai mata pelajaran keterampilan. Satu di antara kreasi yang mudah dibikin dan bisa dijadikan mainan adalah membuat kincir angin dari kertas.

Untuk kertas, bisa menggunakan jenis kertas favorit Anda, seperti kertas origami. Kincir angin tidak hanya bisa dinikmati oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa.

Anda pun bisa membuat kincir angin dari kertas origami di rumah untuk mengisi waktu luang bersama putra-putri Anda. Selain untuk dijadikan mainan anak-anak, kincir angin kertas origami dapat digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Kincir angin merupakan benda berbentuk baling-baling yang digerakkan oleh angin. Di negara Belanda, kincir angin digunakan sebagai satu di antara sumber energi pembangkit listrik.

Apakah Anda tertarik  membuat kincir angin dari kertas origami? Cara membuat kincir angin dari kertas origami ini cukup mudah kok.

Berikut ini cara membuat kincir angin dari kertas origami, yang mudah dipraktikkan, dilansir dari laman Kreasiceria, Kamis (29/7/2021).

2 dari 3 halaman

Bahan dan Alat

Sebelum masuk pada tutorial cara membuat kincir angin dari kertas origami, terlebih dahulu siapkan semua bahan serta peralatan yang diperlukan, seperti:

  • Kertas origami ukuran 16x16 cm
  • Kawat kecil
  • Mutiara sintetis
  • Tusuk sate/batang bambu
  • Karet gelang
  • Lem kertas
3 dari 3 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas Origami

Berikut ini cara membuat kincir angin dari kertas origami:

  1. Pertama, potong kawat kira-kira 6 cm. Untuk tiang kincir angin di sini menggunakan tusuk sate. Namun, jika tidak ada, bisa diganti dengan sebilah kayu.
  2. Selanjutnya, tarik garis diagonal pada keempat sudut kertas. Gunakan penggaris dan pensil untuk membuat garis. Buat jarak 8 cm.
  3. Anda bisa menarik garis sehingga membentuk persilangan. Tandai tengahnya sebagai titik pusat. Setelah itu, gunting pada keempat garis diagonal yang sudah kita beri jarak 8 cm tadi. Kini, kertas sudah siap dibentuk menjadi kincir angin.
  4. Langkah berikutnya, pertemukan ujung guntingan dari sudut ke sudut persegi. Tekuk ujung-ujung guntingan itu ke arah tengah-tengah persegi dengan cara ditumpuk.
  5. Beri lem dan lekatkan. Kemudian potong kertas berbentuk lingkaran untuk menutup ujung-ujung kertas tadi agar tempelan kuat dan tidak mudah lepas.
  6. Tempelkan potogan kertas berbentuk lingkaran tadi pada tengah-tengah tumpukan ujung kertas yang baru dilem tadi. Selanjutnya, masukkan kawat pada mutiara sintetis dan tekuk kawatnya agar mengait.
  7. Mutiara sintetis ini digunakan sebagai pengaman dan pembatas agar ketika berputar, kincir angin tidak lepas. Setelah itu lubangi tengah-tengah kertas lingkaran tadi menembus titik pusat yang ada di bawah dengan menggunakan jarum.
  8. Kemudian, masukkan kawat menembus lubang pada titik pusat yang ada di bawah. Terakhir, pasangkan kincir angin pada tusuk sempol atau tiang kayu. Ikat kawat menggunakan karet gelang.

 

Sumber: Kreasiceria.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer