Sukses


Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara kesatuan yang menganut Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Peran Pancasila untuk Indonesia sangat besar.

Istilah Pancasila dalam kehidupan kenegaraan dikenalkan kali pertama oleh Ir. Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

Nama Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, yaitu 'panca' yang berarti lima dan 'sila' yang berarti prinsip atau asas.

Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila menempati kedudukan yang paling tinggi, sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber hukum dasar nasional dalam tata hukum di Indonesia.

Untuk memahami Pancasila lebih dalam, bisa memahami makna, nilai-nilai, fungsi, dan peranannya.

Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia sangat fundamental. Ada beberapa fungsi Pancasila yang perlu diketahui dan dipahami.

Berikut ini rangkuman tentang fungsi Pancasila beserta penjelasannya, seperti dilansir dari laman sosiologis.com, Kamis (29/7/2021).

2 dari 6 halaman

Fungsi Pancasila

Pancasila sebagai Panduan Hidup Bangsa Indonesia

Nilai-nilai dan makna Pancasila menjadi pedoman segala perilaku dan tindakan warga Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai Pancasila ikut berperan mendefinisikan mana yang baik dan mana yang buruk dalam proses pengambilan kebijakan dan penyelesaian masalah bangsa.

Pancasila sebagai Sumber Segala Sumber Hukum

Lima sila dalam Pancasila menjadi acuan dalam proses pembuatan peraturan tertulis oleh negara. Segala peraturan hukum yang dirancang, dibuat, dan disahkan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sumber segala sumber hukum berarti rujukan sumber hukum yang dibuat berasal dari Pancasila.

3 dari 6 halaman

Fungsi Pancasila

Pancasila sebagai Sumber Norma

Norma yang berlaku di Indonesia harus selaras dengan nilai moral Pancasila atau bahkan mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Norma merupakan aturan tak tertulis atau informal yang mengatur kehidupan bermasyarakat.

Meski tak tertulis, kekuatan norma sangat besar karena melekat di dalam kepercayaan masyarakat. Keselarasan dengan Pancasila menjadi keunggulan norma di Indonesia.

Untuk selaras, Pancasila bisa berperan sebagai sumber norma yang hendak diterapkan.

Pancasila sebagai Perjanjian Luhur

Pancasila merupakan buah kesepakatan hasil rumusan para intelektual pendiri bangsa. Pancasila juga merupakan produk musyawarah mufakat yang wajib dihormati keberadaannya.

Para pendiri bangsa sepakat menjadikan Pancasila sebagai dasar negara. Kesepakatan tersebut hendaknya tidak dicederai oleh generasi penerusnya.

4 dari 6 halaman

Fungsi Pancasila

Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila sejak kemunculannya sebagai ide yang kelak menjadi ideologi bangsa, dianggap cerminan falsafah hidup yang paling sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia.

Pancasila juga dianggap mencerminkan filosofi yang dianut oleh manusia Indonesia dalam kelima silanya. Tak heran Pancasila selalu dilihat sebagai ideologi yang paling sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia.

5 dari 6 halaman

Fungsi Pancasila sebagai Dasar negara

Pancasila sebagai Pedoman Hidup Bangsa

Bangsa indonesia melalui peran negara memegang teguh nilai-nilai Pancasila di tengah pergaulan dengan bangsa lain. Hubungan diplomatik dalam bentuk apa pun tak boleh menghasilkan keputusan tanpa pertimbangan yang melibatkan kehadiran nilai-nilai Pancasila.

Pancasila sebagai Jiwa Bangsa

Institusi sosial di Indonesia dari yang paling besar sampai yang paling kecil harus menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi ideologinya. Dari institusi tingkat tinggi, seperti negara sampai ormas, nilai-nilai Pancasila harus diposisikan sebagai jiwanya.

6 dari 6 halaman

Fungsi Pancasila sebagai Dasar negara

Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa

Selain keluhuran makna dan nilainya, Pancasila berfungsi sebagai identitas bangsa yang layak dibanggakan. Sebagai identitas, Pancasila merupakan jawaban dari pertanyaan tentang apa kepribadian bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

Pancasila sebagai Sumber Hukum

Fungsi ini mirip fungsi umum Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum. Pada prinsipnya sama, hukum yang dibuat oleh insitusi atau organisasi diberbagai level tak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Pancasila sebagai Cita-cita Bangsa

Pancasila sebagai dasar negara mengandung ide atau gagasan ideal yang hendak diwujudkan oleh segenap elemen bangsa Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila yang merupakan konsep abstrak dilihat sebagai tipe ideal yang menjadi cita-cita masyarakat Indonesia. Fungsi Pancasila sebagai cita-cita bangsa, artinya nilai-nilai Pancasila menadi orientasi ke mana bangsa ini hendak diarahkan.

 

Sumber: Sosiologis

Video Populer

Foto Populer