MOTION GRAFIS: Sementara Ini, Tim Indonesia Sudah Meraih 3 Medali di Olimpiade Tokyo 2020

MOTION GRAFIS: Sementara Ini, Tim Indonesia Sudah Meraih 3 Medali di Olimpiade Tokyo 2020

- Tim Indonesia sementara ini sudah meraih 3 medali di Olimpiade Tokyo 2020. Ketiga medali tersebut didapat oleh para atlet dari cabang olahraga angkat besi.

Medali pertama Tim Indonesia tidak terduga. Lifter putri Indonesia, Windy Cantika Aisah, secara mengejutkan bisa meraih medali perunggu di angkat besi nomor 49 kilogram. Total angkatan Cantika yaitu 194 kilogram (84 kilogram di angkatan snatch dan 110 kg di clean and jerk).

Di nomor putri 49 kilogram, peraih medali emas adalah atlet dari Tiongkok, Hou Zhihui, dengan total angkatan 210 kilogram. Sementara peraih medali perak adalah wakil dari India, Chanu Saikhom Mirabai dengan total angkatan 202 kilogram.

Medali kedua Tim Indonesia didapat atlet berpengalaman Eko Yuli Irawan untuk cabor angkat besi nomor putra 61 kilogram. Eko mendapatkan peringkat kedua dengan total angkatan 302 kilogram (137 kilogram untuk angkatan snatch dan 165 kg untuk clean and jerk).

Di nomor yang diikuti Eko Yuli, atlet Tiongkok, Li Fabin meraih medali emas dengan total angkatan 313 kilogram. Sementara peraih medali perunggu yaitu wakil dari Kazakhstan, Igor Son, dengan total angkatan 294 kilogram.

Peraih medali ketiga Tim Indonesia kembali tidak terduga. Ia adalah Rahmat Erwin Abdullah yang turun di nomor putra 73 kilogram. Mengejutkan karena Rahmat berada di grup B untuk nomor tersebut. Namun, ternyata total angkatannya sebesar 342 kilogram (152 kilogram untuk snatch dan 190 kg untuk clean and jerk) mengantarkannya meraih medali perunggu.

Di grup A, peringkat pertama yaitu atlet Tiongkok, Shi Ziyong, yang akhirnya meraih medali emas dengan total angkatan 364 kilogram. Sementara di peringkat kedua adalah Julio Ruben Mayora Pernia dari Venezuela dengan total angkatan 346 kilogram.

Peringkat ketiga di grup A yaitu Briken Calja dari Albania dengan total angkatan 341 kilogram. Namun, total angkatan Calja yang 341 kg tersebut yang membuat Rahmat Erwin Abdullah (342 kg) akhirnya meraih medali perunggu atau medali ketiga untuk Tim Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 29 July 2021, 16:13 WIB

Video Terkait

Spotlights