Sukses


6 Cara Memanfaatkan Kopi untuk Perawatan Kulit, Mudah dan Simpel

Bola.com, Jakarta - Cara memanfaat kopi untuk perawatan kulit bisa Anda terapkan di rumah, semisal untuk mengisi waktu luang. Kopi biasanya dibuat sebagai minuman untuk menjaga tubuh dari rasa kantuk.

Ada berbagai macam jenis kopi, seperti robusta dan arabika, dan terdapat banyak kopi yang berasal dari berbagai penjuru daerah di dunia yang memiliki cita rasa tersendiri.

Sementara, kopi yang cukup terkenal di Indonesia adalah kopi luwak. Kopi yang diproses dari kotoran luwak ini sangat dikenal karena memiliki tingkat keasaman yang rendah dan memiliki cita rasa yang kuat.

Selain untuk minuman, biji kopi bisa dimanfaatkan untuk kecantikan seperti perawatan kulit. Anda bisa membuatnya menjadi masker wajah dan mendapat aroma relaksasi ketika melakukan perawatan.

Berikut cara memanfaatkan kopi untuk perawatan kulit, dikutip dari Indiatimes, Jumat (30/7/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Memanfaatkan Kopi untuk Perawatan Kulit

1. Lingkaran Hitam Mata

Kafein yang ada dalam kopi membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam. Kopi juga memiliki zat pemutih alami yang membantu meringankan perubahan warna di bawah mata.

Yang harus Anda lakukan adalah mencampur satu sendok makan bubuk kopi dengan satu sendok teh madu dan beberapa tetes minyak vitamin E. Oleskan campuran ini di bawah mata Anda dengan hati-hati, dan bilas setelah 15 menit.

2. Jerawat

Penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi jerawat yang disebabkan oleh bakteri karena kopi kaya CGA yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri.

Campurkan tiga sendok makan kopi bubuk dan dua sendok makan gula merah. Tambahkan tiga sendok makan minyak kelapa ke dalam campuran kopi dan aduk rata untuk membuat scrub kental.

Gosokkan scrub ini ke seluruh wajah, hindari area sensitif seperti mata. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Antipenuaan

Menerapkan masker kopi langsung pada kulit dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus.

Campur bubuk kopi, bubuk kakao dalam mangkuk dan tambahkan sedikit susu untuk membuat masker wajah. Tambahkan dua tetes madu dan jus lemon ke dalam campuran dan oleskan pada wajah Anda.

Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Anda dapat menyimpan campuran ini di lemari es selama tiga hari.

3 dari 3 halaman

Cara Memanfaatkan Kopi untuk Perawatan Kulit

4. Membersihkan perut Anda

Kopi merupakan minuman diuretik sehingga membuat Anda ingin sering buang air kecil. Itulah mengapa, ketika Anda meminum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri akan keluar dengan mudah dalam bentuk urine. Ini membantu membersihkan perut Anda.

5. Mengecilkan pori-pori wajah

Selain dapat dikonsumsi, kopi bisa digunakan sebagai masker untuk merawat wajah agar tetap halus dan cerah. Kulit pada wajah merupakan satu di antara kulit yang paling sensitif dibandingkan kulit lainnya.

Bila tidak dirawat dengan sungguh-sungguh, akan mengakibatkan kulit kasar dan timbul jerawat. Kopi diyakini memiliki zat yang dapat membuat pori-pori wajah mengecil dan terasa halus.

6. Mengatasi wajah berminyak

Bagi sebagian besar wanita, kulit berminyak dianggap tidak indah, membuat wajah terlihat kotor, dan tidak segar. Jika ingin mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya mencoba membuat masker sendiri menggunakan kopi.

Kopi bisa dilarutkan dengan air mawar, kemudian oleskan di seluruh wajah dan tunggu hingga beberapa menit. Kemudian bilas dengan air biasa, lakukan hal itu secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Sumber: Indiantimes

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer