Sukses


Cara Menata Kamar agar Tak Terlihat Sempit dan Sumpek, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Cara menata kamar agar tak terlihat sempit dan sumpek, terbilang mudah dilakukan. Kamar tidur yang tak sumpek berpengaruh pada kualitas tidur.

Tidur merupakan cara tubuh mengistirahatkan diri dari berbagai aktivitas. Keadaan ini alami dimiliki oleh setiap makhluk hidup. Satu di antaranya adalah manusia, yang menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur.

Namun, tak semua orang bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jangankan kualitas tidur, sekadar bisa tertidur saja sudah menjadi sebuah permasalahan.

Beragam hal menjadi penyebab seseorang menghadapi persoalan sulit tidur. Satu di antaranya bisa jadi kamar yang berantakan dan sumpek.

Dengan kamar yang tertata, Anda akan mendapatkan pemandangan yang indah lebih mudah tidur.

Berikut cara menata kamar agar tak terlihat sempit dan sumpek, disadur dari Liputan6, Jumat (30/7/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Menata Kamar agar Tak Terlihat Sempit dan Sumpek

1. Membiarkan Cahaya Masuk

Hal utama yang harus dilakukan agar ruangan terkesan tidak sumpek adalah pencahayaan alami bisa masuk ke kamar. Cahaya menambahkan rasa keterbukaan pada sebuah ruangan sehingga membuat ruangan berkesan lapang.

Biarkan gorden tetap terbuka untuk memungkinkan cahaya masuk dengan sempurna.

Anda juga bisa meletakkan cermin di seberang jendela atau sumber cahaya. Trik itu membuat kamar terasa lebih besar tanpa mengubah apa pun karena cermin memantulkan cahaya dan ruang di dalam ruangan.

Jangan lupa tambahkan pencahayaan yang cukup di sudut-sudut ruangan yang dapat menghangatkan di malam hari.

2. Dekorasi Sederhana

Ruang terasa sumpek biasanya karena banyak barang disimpan di dalam kamar. Begitu pula dengan dekorasi yang berlebihan. Maka, pilihlah dekorasi sesimpel mungkin agar tercipta kenyamanan di dalam ruangan.

Sementara, untuk barang-barang yang tidak terpakai lainnya, bisa ditaruh di dalam tempat tertutup seperti rak. Cara itu paling sederhana agar kamar terlihat rapi dan tidak berantakan.

3 dari 3 halaman

Cara Menata Kamar agar Tak Terlihat Sempit dan Sumpek

3. Penempatan Furnitur

Terkadang, penempatan furnitur yang salah dapat menciptakan ruangan terasa sesak. Pindahkan tempat duduk ke area perimeter ruangan sebagai permulaan, biarkan area di dekat pintu masuk terbuka dan tidak ada barang. Hal tersebut untuk memungkinkan Anda leluasa ketika masuk dan keluar kamar.

Jangan lupa jauhkan meja, kursi, dan dekorasi lainnya dari area untuk melintas. Jika ada barang menghalangi, Anda harus pindahkan ke pojokan agar kamar terlihat rapi dan nyaman untuk dipandang.

4. Ganti dengan Furnitur Minimalis

Menyesuaikan furnitur di kamar tidur sangat penting agar tidak terkesan sempit. Sudah saatnya Anda mengganti dengan furnitur yang lebih minimalis.

Hindari sofa dan lemari begitu besar karena dapat menyempitkan ruangan. Kedua benda tersebut bisa Anda ganti dengan lebih kecil atau minimalis. Anda juga bisa menjual benda tersebut untuk mendapatkan uang dan lebih hemat untuk memberi barang baru.

Jangan lupa singkirkan furnitur yang menurut Anda tidak berguna di kamar tidur, pindahkan ke area lainnya pada bagian rumah.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Muhammad Thoifur/Editor: Dinny Mutiah. Published: 6/6/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer