Sukses


10 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri, Terapkan sejak Dini

Bola.com, Jakarta - Cara meningkatkan kepercayaan diri perlu Anda ketahui sejak dini agar di masa depan Anda menjadi pribadi yang lebih matang dan penuh keyakinan.

Percaya diri menjadi satu di antara kunci hidup sukses. Dengan rasa percaya diri, Anda dapat menciptakan dan membagikan hal-hal positif kepada orang lain.

Meski demikian, masih banyak di antara kita yang kurang rasa percaya dirinya. 

Merasa tidak percaya diri pada momen-momen tertentu merupakan hal yang wajar, namun jangan membiasakan diri untuk rendah diri karena dapat menghalangi Anda mendapatkan berbagai hal baik.

Misalnya, ketika Anda menemukan peluang, tetapi pada akhirnya gagal karena Anda merasa kurang percaya diri.

Jika pernah mengalami hal ini, tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya. Anda harus segera mencari cara untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Berikut 10 cara meningkatkan kepercayaan diri, yang bisa Anda coba terapkan, seperti dikutip dari Forbes dan Lifehack, Jumat (30/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

1. Akui Ketakutan Anda

Takut itu sudah biasa, kuncinya adalah untuk tidak membiarkannya melemahkan Anda. Mengenali ketakutan Anda tidak akan membuatnya menjadi kenyataan.

Lebih baik untuk mengakui dan mengatasi ketakutan daripada tidak menghadapinya. Tuliskan apa yang Anda takuti dan apa yang akan Anda lakukan untuk mengurangi rasa takut itu.

2. Berolahraga

Selain bermanfaat bagi kesehatan Anda secara umum, berolahraga membantu retensi memori, meningkatkan fokus, membantu mengelola stres dan mencegah depresi. 

Ketika Anda selalu tenang dan dalam keadaan rileks setiap waktu karena terhindar dari stres maka kepercayaan diri akan terbangun dengan sendirinya.

3. Bangun pola pikir positif

Cara meningkatkan percaya diri yang berikutnya adalah dengan berpikir posiif. Jika Anda sebelumnya selalu merasa tidak bisa menjalani sesuatu, mulai saat ini cobalah untuk membentuk pola pikir positif dalam diri Anda.

Setiap Anda ragu, katakan dalam hati 'Saya bisa belajar dan melakukan ini jika saya mau'.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

4. Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Rasa tidak percaya diri kadang datang pada diri sendiri sebagai ketakutan jika Anda tidak akan berhasil sehingga ketakutan tersebut menghambat kinerja kita. Kalahkan rasa ketakutan Anda dengan berusaha bersikap baik pada diri sendiri.

Jika Anda takut terjatuh atau tidak berhasil, coba untuk menentang semua pikiran negatif yang Anda pikirkan. Berbicaralah pada diri sendiri dan katakan semuanya akan baik-baik saja.

5. Buat Daftar Kesuksesan di Masa Lalu

Terkadang ketika Anda mengalami serangan dari dalam dan membuat tidak percaya diri, Anda tahu, ketika suara di kepala kita menjadi liar yang memberi tahu kita bahwa Anda tidak akan pernah berhasil.

Akan sangat membantu jika Anda sudah siap dengan argumen balasan. Itulah sebabnya membuat daftar kesuksesan Anda di masa lalu dapat membuat perbedaan apakah serangan tersebut menang atau berhenti.

6. Memiliki Lingkungan yang Positif

Memiliki teman yang banyak memang penting, tetapi mempunyai teman yang positif lebih baik lagi. Kelilingi diri Anda dengan teman-teman yang dapat memberikan pengaruh positif.

Mempunyai teman-teman yang positif akan membangun rasa percaya diri karena lingkungan ini akan memberikan saran yang membangun dan mengatakan hal-hal yang meningkatkan percaya diri.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

7. Lakukan Sesuatu yang Membuat Anda Bahagia

Jika Anda menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, kemungkinan besar Anda akan selalu berpikiriran positif.

Coba untuk menjadwalkan sedikit waktu Anda setiap har baik itu waktu yang dihabiskan untuk membaca, memasak, atau hanya bersantai di sofa sebentar, jika itu membuat Anda bahagia, luangkan waktu untuk itu.

Pikiran positif yang selalu terjaga membantu membangun kepercayaan diri Anda.

8. Jangan Pikirkan yang Orang Lain Katakan

Akan ada banyak orang yang akan memberi tahu Anda bahwa Anda tidak dapat mencapai tujuan. Apakah itu penolakan dari atasan, sekolah, atau hanya umpan balik negatif dari teman atau keluarga.

Mereka akan mencoba memberi tahu Anda bahwa tujuan Anda terlalu besar, bahwa Anda belum siap, atau Anda tidak dapat melakukannya.

Anda harus mendengarkan apa yang hati Anda katakan karena dengan terlalu banyak mendengarkan perkataan orang, Anda hanya akan kehilangan kepercayaan diri. Ingat bahwa apa yang orang lain pikir dan katakan, belum tentu baik untuk Anda.

9. Mempelajari Hal Baru

Makin banyak ilmu dan skill yang dimiliki maka makin besar pula rasa percaya diri Anda. Meski, misalnya usia Anda bisa dibilang tak lagi muda, tak ada salahnya untuk terus mempelajari hal-hal baru yang menarik sebagai cara membangun kepercayaan diri.

Tidak hanya memberikan nilai tambah di lingkungan Anda, tetapi juga bisa menjadi skill atau hobi baru.

10. Belajar Menerima Kritik

Terkadang Anda mendapatkan kritik yang datang dari orang di lingkungan Anda. Tidak jarang kritik tersebut dapat melemahkan kepercayaan diri. Namun, coba menerima kritik sebagai masukan. Jadikan kritik yang orang lain berikan sebagai pelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Sumber: Forbes, Lifehack

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer