VIDEO: 4 Atlet Berdarah Campuran Jepang di Olimpiade Tokyo 2020

Oleh Abdul Aziz pada 01 Agu 2021, 14:48 WIB
Diperbarui 01 Agu 2021, 14:48 WIB

Bola.com, Jakarta Pada Olimpiade Tokyo 2020 kali ini terdapat beberapa atlet berdarah campuran Jepang. Salah satunya ialah Rio Waida, peselancar Indonesia yang merupakan keturunan Jepang.

Rio Waida lahr di Saitama, 25 Januari 2000 ini merupakan putra dari Muhamad Zaini dan Kaoru Waida. Kedua orang tuanya peselancar dan sudah mengenalkan ombak sejak kecil kepadanya.

Atlet berusia 21 tahun itu dinyatakan lolos kualifikasi setelah merebut posisi runner-up pada ajang International Surfing Associtaion (ISA) World Surfing Games 2019 di Miyazaki, Jepang.

Bermain selancar sejak kecil, talenta Rio Waida mulai terlihat saat dia remaja. Pada 2016, saat berusia 16 tahun, dia berhasil mengalahkan peselancar remaja terbaik dunia lain untuk menjuarai Quiksilver Young Guns Surf di Oceanside, California, AS.

Menjelang keberangkatannya ke Jepang, Rio melakukan berbagai persiapan dan latihan di Bali. Dia mengantisipasi ombak kecil dan pendek yang diperkirakan akan menjadi karakter ombak saat Olimpiade nanti.

Namun, bukan hanya Rio Waida yang menjadi atlet keturunan berdarah Jepang. Berikut ini empat atlet berdarah campuran Jepang di Olimpiade Tokyo 2020.