Sukses


Politisi Ramai-ramai Berikan Ucapan Selamat Saat Greysia / Apriyani Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020: Boleh Saja, Asal Elok dan Jangan Pansos

Bola.com, Jakarta - Sekali lagi terbukti olahraga sukses mempersatukan bangsa Indonesia. Senin (02/08/2021), ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas ajang Olimpiade Tokyo 2020 dengan mengalahkan pasangan China, Chen Qingchen/Jia Yifan: 21-19, 21-15.

Lupakan sejenak COVID-19. Segala lapisan masyarakat merasakan euforia. Dari rakyat biasa, rekan sesama atlet, public figure sampai tokoh politik Tanah Air ramai-ramai memberikan selamat untuk Greysia/Apriyani melalui media sosial.

Termasuk orang nomor satu di Indonesia alias Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. "Penantian emas itu berakhir sudah (Senin )siang ini," tulis Jokowi di Instagram miliknya.

"Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dalam pertandingan yang alot dan mendebarkan."

"Kemenangan ini menjadi kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia, dua pekan lagi. Selamat dan terima kasih Greysia/Apriyani!," lanjutnya.

Tokoh-tokoh politik Indonesia turut mengekor Jokowi. Contohnya dari Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY yang notabene Ketua Umum Partai Demokrat. Dia turut mengapresiasi perjuangan Greysia/Apriyani.

"Selamat atas kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang berhasil meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020," kata AHY di Instagram.

"Mereka berdua telah mengukir prestasi baru pada dunia Bulu Tangkis Indonesia, untuk pertama kalinya pasangan Ganda Puteri Indonesia meraih medali emas di ajang Olimpiade," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 8 halaman

Wajar, Asal Jangan Pansos

Fenomena politisi memberikan selamat kepada sukses Greysia/Apriyani di ajang Olimpiade Tokyo 2020 dianggap sebuah hal wajar oleh pengamat olahraga sekaligus jurnalis senior, Yusuf Kurniawan.

Menurutnya banjir ucapan selamat adalah hal lumrah diberikan jika ada atlet Indonesia yang meraih prestasi. Bukan hanya politisi, masyarakat Indonesia ikut euforia atas sukses Greysia/Apriyani menyabet emas.

Namun ia turut mengingatkan, khusus untuk para politisi, jangan sampai momen sukses seperti yang didapat Greysia/Ariyani jadi arena pansos atau panjat sosial.

"Jadi wajar jika ada politisi yang mengucapkan selamat atau bahkan memberikan bonus," kata Yusuf Kurniawan saat dihubungi Bola.com hari Selasa (03/08/2021).

"Yang salah itu jika politisi bersangkutan memanfaatkan momen ini sebagai pansos atau tiba-tiba yang awalnya tidak perhatian terhadap olahraga jadi terlihat banget," lanjutnya.

Yusuf Kurniawan turut mengingatkan olahraga Indonesia memang tidak bisa lepas dari sosok politisi. Dia mencontohkan banyak pelaku politik Tanah Air menjadi ketua sampai pengurus olahraga nasional.

"Intinya mau tidak mau olahraga dan politik memang harus beriringan. Selama ucapan selamat masih batas wajar, masih okelah," lanjut Yusuf Kurniawan.

3 dari 8 halaman

Perhatian dari Proses Awalnya Jangan Hanya Saat Sukses

Komentar Yusuf Kurniawan diamini pengamat olahraga lainnya, Ian Situmorang. Menurutnya banyak politikus yang juga mengurus olahraga Indonesia. Tentunya sebuah hal wajar jika mereka ikut euforia ketika Greysia/Apriyani meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

"Kalau politikus kan di mana ada kesempatan. Itu wajar permainan politik. Jangan salah, yang mengurus olahraga itu juga orang-orang politik," kata Ian Situmorang.

"Seperti SEA Games Kuala Lumpur (2019). CdM (Chef de Mission) dipegang Aziz Syamsudin, orang Golkar. Jadi menurut saya wajar jika politisi mengucapkan selamat atau terima kasih saat Greysia/Apriyani raih emas," lanjutnya.

Meskipun begitu, Ian Situmorang memberikan imbauan kepada para politisi. Dia menyebut alangkah baiknya jika mereka menunjukkan perhatian terhadap dunia olahraga bukan hanya saat seorang atlet meraih sukses.

"Kita kan hanya bisa imbau, lebih elok perhatian itu ditunjukkan saat awal dalam masa pembentukan tim. Kalau bisa prosesnya juga ikut terlibat jangan saat result atau hasil akhirnya saja," ucap mantan Pemimpin Redaksi Tabloid Bola itu.

Jika melihat respons warganet mengenai ucapan selamat dari para politisi kepada Greysia/Apriyani, tidak sedikit yang memberikan sindiran. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

4 dari 8 halaman

Foto Greysia/Apriyani Malah Blur

5 dari 8 halaman

Ketimbang Bikin Poster Ucapan Selamat Lebih Baik Donasi untuk Buat Lapangan Bulutangkis

6 dari 8 halaman

Sibuk Hubungi Pihak Percetakan

7 dari 8 halaman

Foto Politisi Lebih Besar dari yang Meraih Medali

8 dari 8 halaman

Menunggu Spanduk Ucapan dari Politisi

Video Populer

Foto Populer