Sukses


Data Sertifikat Vaksin COVID-19 Salah? Begini Cara Memperbaikinya

Bola.com, Jakarta - Sertifikat vaksin diberikan kepada seseorang yang telah divaksinasi COVID-19 baik dosis pertama maupun dosis kedua. Keberadaan sertifikat tersebut saat ini tergolong penting karena menjadi syarat dalam berbagai hal.

Sertifikat vaksin COVID-19 menjadi satu di antara syarat yang wajib dimiliki masyarakat yang bepergian menggunakan transportasi umum. Bahkan, saat ini ada sejumlah mal atau pusat perbelanjaan sudah memberlakukan syarat telah divaksinasi COVID-19 bagi para pengunjungnya.

Namun, ada beberapa masalah yang ditemukan masyarakat yang telah divaksinasi terkait sertifikat tersebut, semisal yakni data yang tertera di sertifikat tersebut salah.

Pertanyaan-pertanyaan seputar kendala tersebut pun bermunculan di lini masa media sosial, baik di Instagram, Twitter, maupun Facebook.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan, Senin (16/8/2021), bagi masyarakat yang mengalami kesalahan data sertifikat vaksin tersebut, tidak perlu khawatir.

Bagi masyarakat yang ingin mengajukan perbaikan data bisa langsung mengirim surat elektronik atau email ke alamat sertifikat@pedulilindungi.id.

Kemudian, isi format email dengan nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal lahir, nomor handphone serta lampirkan foto dan sertifikat vaksin COVID-19.

Namun, supaya sertifikat vaksin yang salah bisa langsung diproses, penerima vaksin (user) bisa langsung menyampaikan biodata lengkap, foto selfie dengan KTP, dan menjelaskan keluhannya.

Video Populer

Foto Populer