Sukses


Cara Mendapatkan dan Mengajukan Keluhan Kesalahan Data pada Sertifikat Vaksinasi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Setiap warga Indonesia yang sudah divaksin dengan minimal satu dosis akan mendapatkan sertifikat vaksinasi COVID-19.

Sertifikat vaksinasi COVID-19 akan diberikan kepada masyarakat melalui pesan SMS dari nomor 1199, yang berisi jadwal vaksin kedua dan link sertifikat vaksin pertama. Sertifikat ini akan menjadi bukti seseorang telah melakukan vaksinasi COVID-19.

Selain sebagai bukti telah melaksanakan vaksinansi, sertifikat COVID-19 menjadi satu di antara dokumen penting yang harus dimiliki seseorang jika hendak melakukan perjalanan terutama saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Lalu, bagaimana bila sudah melakukan vaksinasi, tetapi belum mendapat sertifikat vaksin? Atau data di dalamnya terdapat kesalahan?

Dilansir dari laman resmi covid19.go.id, bagi masyarakat yang mendapatkan masalah ini bisa mengajukan keluhan dengan mengirim e-mail ke sertifikat@pedulilindungi.id.

Berikut ini langkah cara mendapatkan dan mengajukan keluhan kesalahan data pada sertifikat vaksinasi COVID-19 setelah melakukan vaksinasi, dilansir dari laman covid19.go.id, Selasa (17/8/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksinasi COVID-19 secara Online

Berikut cara mendapatkan sertifikat vaksinasi COVID-19 secara online:

  • Buka laman https://pedulilindungi.id/
  • Pilih Registrasi Vaksin, lalu Login Sekarang (jika sudah mempunyai akun. Namun, bagi yang belum mempunyai akun, klik 'Buat Akun')
  • Masukkan informasi yang diminta (Nama lengkap/NIK/Nomor ponsel).
  • Masukkan enam digit kode OTP yang dikirim 'PEDULICOVID' melalui SMS.
  • Di pojok kanan atas klik Nama Akun (atau bagi pengguna ponsel, klik icon tiga setrip, lalu klik Nama Akun) dan pilih menu Sertifikat Vaksin. Sertifikat vaksin usai menerima suntikan vaksin COVID-19 akan muncul.
  • Sertifikat vaksin akan tersedia sesuai jumlah suntikan yang diterima. Jika baru satu kali maka akan muncul Sertifikat Vaksin Pertama dan penerima dua kali suntikan menerima dua sertifikat.
  • Klik Nama untuk memunculkan sertifikat vaksin, lalu klik Unduh untuk menyimpan sertifikat vaksin.
  • Jika sudah selesai bisa klik 'Keluar dari Akun'.
3 dari 3 halaman

Cara Mengajukan Keluhan Kesalahan Data pada Sertifikat Vaksinasi COVID-19

Berikut cara mengajukan keluhan kesalahan data pada sertifikat vaksinasi COVID-19 setelah divaksin:

Masyarakat bisa menyampaikan kendala yang dihadapi dengan mengirimi email ke sertifikat@pedulilindungi.id dengan melampirkan informasi nama lengkap, NIK/KTP, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, keluhan, serta lampirkan juga foto NIK/KTP dan selfie, dan foto Kartu Vaksinasi yang sudah diterima.

 

Sumber: covid19.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer