Contoh-Contoh Wirausaha di Masa Pandemi COVID-19 yang Bisa Mendatangkan Cuan

Oleh Alfi Yuda pada 21 Agu 2021, 09:20 WIB
Diperbarui 21 Agu 2021, 09:20 WIB
Ilustrasi berwirausaha di masa pandemi, COVID-19
Ilustrasi berwirausaha di masa pandemi, COVID-19. (Photo by Markus Spiske on Unsplash)

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona COVID-19 masih melanda negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Di beberapa daerah di Indonesia sedang menerapkan sistem Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

Kondisi ini membuat semua aktivitas menjadi terhambat, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Di tengah PPKM pandemi COVID-19 saat ini, banyak orang yang makin kesulitan mendapatkan penghasilan demi mencukupi kebutuhan hidup.

Walau di saat pandemi menyisakan ketidakpastian, kita harus tetap optimistis untuk mengambil peluang usaha.

Membuka usaha sendiri atau berwirausaha dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan pendapatan.

Ada berbagai ide wirausaha di masa pandemi COVID-19 yang dapat dicoba guna memperoleh cuan. Ide wirausaha bisa bersumber dari hobi, seperti memasak, berkebun, berolahraga, dan aktivitas lainnya.

Berikut ini contoh-contoh wirausaha di masa pandemi COVID-19, disadur dari Liputan6, Sabtu (21/8/2021).

2 dari 4 halaman

Contoh-Contoh Wirausaha di Masa Pandemi COVID-19

1. Membuka Warung Kopi di Malam Hari

Warung kopi adalah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah kafe. Membuka warung kopi di malam hari mejadi satu di antara alternatif yang cukup menarik, apalagi bila Anda juga senang nongkrong. Anda bisa sekalian memantau usaha Anda dengan terjun langsung.

2. Katering

Ide wirausaha selanjutnya adalah katering. Usaha ini akan menjadi solusi bagi para pekerja kantoran yang menginginkan menu makan siang yang lezat dan mudah didapat.

Tak hanya itu, variasi bisnis katering ini masih bisa dikembangkan lagi. Contohnya, katering khusus menu makanan sehat, dan Anda bisa berkreasi dengan menu dan pilihan bisnis Anda sendiri.

3. Camilan Unik

Menciptakan ide camilan yang unik dan beda dengan yang lain, serta mempromosikannya melaLui media sosial atau internet bisa menjadi satu di antara inovasi usaha yang menjanjikan keuntungan besar di tengah pandemi COVID-19.

3 dari 4 halaman

Contoh-Contoh Wirausaha di Masa Pandemi COVID-19

Ilustrasi wirausaha jasa cuci kendaraan
Ilustrasi wirausaha jasa cuci kendaraan. (Photo by Ethan Sexton on Unsplash)

4. Laundry

Bisnis seperti ini tentunya sangat banyak ditemukan di perumahan yang padat, terutama di kota besar. Usaha laundry merupakan peluang usaha yang sedang digemari saat ini terutama di daerah perkotaan.

Satu di antara kunci sukses bisnis laundry adalah letak usaha yang strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk yang padat. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas tersebut.

5. Jasa Cuci Motor dan Mobil

Usaha cuci mobil dan motor memiliki potensi besar karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya. Kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor yang besar ini tentunya dapat membuka peluang usaha yang menguntungkan bagi Anda.

Untuk memulai usaha cuci mobil dan motor ini Anda dapat memulai dari skala rumahan. Jika lokasi rumah Anda berada di tempat strategis maka Anda dapat membuka usaha di halaman atau garasi rumah.

4 dari 4 halaman

Contoh-Contoh Wirausaha di Masa Pandemi COVID-19

6. Jasa Pengetikan

Membuka jasa pengetikan cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau skripsi sehingga bisa mendatangkan uang.

Usaha ini tidak memakan biaya besar sebagai modal dasar. Anda hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

7. Cuci Sepatu

Usaha ini mirip dengan laundry, namun hanya berfokus pada pencucian sepatu. Bisnis ini satu di antara macam usaha yang hanya memerlukan sedikit modal. Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, yaitu sikat sepatu, cairan pembersih dan peralatan lainnya.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Rizky Mandasari. Published: 20/7/2021)

Lanjutkan Membaca ↓
Nominasi Ballon d'Or dari Liga Inggris