Sukses


20 Cara Sederhana Menunjukkan Rasa Sayang kepada Orang Tua

Bola.com, Jakarta - Orang tua merupakan orang yang sangat penting dalam hidup kita. Mereka yang merawat dan membesarkan kita hingga kita dapat melakukan berbagai hal secara mandiri.

Orang tua tidak pernah meminta balasan ketika memberikan kasih sayangnya kepada kita. Mereka juga yang akan selalu mendukung kita dalam setiap momen.

Namun, setelah Anda beranjak dewasa, seberapa sering Anda menunjukkan rasa sayang kepada orang tua

Rasa sayang yang kita berikan kepada mereka merupakan satu di antara cara kita membalas berbagai perbuatan baik yang telah orang tua berikan.

Walau hanya sekadar memeluk atau mengajak mereka berbincang, orang tua akan merasa senang karena hal tersebut sebagai wujud peduli Anda kepada mereka.

Mulai sekarang, coba untuk mulai menunjukan rasa sayang Anda kepada orang tua Anda setiap saat, buatlah momen bahagia dengan mereka sepanjang waktu.

Jika Anda membutuhkan referensi bagaimana cara membahagiakan orang tua, Anda bisa menyimak beberapa di antaranya di bawah ini.

berikut 20 cara sederhana menunjukkan rasa sayang kepada orang tua, dikutip dari Inspiringtips, Sabtu (21/8/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Sederhana Menunjukan Rasa Sayang kepada Orang Tua

1. Sering-Seringlah Mengunjungi

Jika Anda tinggal sendiri sekarang, biasakan untuk menjadwalkan kunjungan ke rumah lama Anda. Jika jarak dan waktu memungkinkan, kunjungi orang tua Anda setiap minggu. Anda tidak harus tinggal lama. Yang Anda butuhkan hanyalah memeriksa bagaimana keadaan mereka.

2. Hubungi secara Teratur

Jika tidak memungkinkan untuk mengunjungi orang tua Anda secara teratur, Anda dapat menelepon mereka sebagai gantinya. Dengan teknologi canggih, Anda dapat melakukan obrolan harian dan panggilan video dengan mereka. Dengan demikian, ibu dan ayah Anda akan merasa senang.

3. Kirimi Hadiah

Pada acara-acara khusus, seperti Natal, Hari Ibu, Hari Ayah, dan ulang tahun, pikirkan hadiah praktis untuk diberikan kepada orang tua Anda. Ya, bunga, kartu, dan sejenisnya itu bijaksana dan bagus, tetapi orang tua Anda akan lebih memperhatikan Anda melalui hadiah yang dapat mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Contohnya set piyama, selimut, dan pembuat kopi.

4. Bersihkan Rumah

Cara lain untuk menunjukkan rasa sayang Anda kepada orang tua adalah dengan membantu mereka melakukan pekerjaan rumah tangga. Cara ini berlaku jika Anda masih tinggal bersama mereka. Membantu mereka membersihkan rumah akan memberi orang tua Anda waktu ekstra untuk beristirahat.

5. Masak Makanan Favorit

Anda juga dapat mengekspresikan cinta Anda dengan memasak makanan lezat untuk orang tua Anda. Jika Anda tahu hidangan favorit mereka, akan sangat manis untuk disajikan. Ibu dan ayah Anda pasti akan menghargai sikap tersebut.

3 dari 5 halaman

Cara Sederhana Menunjukan Rasa Sayang kepada Orang Tua

6. Cuci Pakaian

Tentu saja, mencuci pakaian mereka akan membuat orang tua Anda merasa bahwa Anda peduli dengan mereka. Tugas sederhana ini mungkin tidak dilakukan setiap hari, tetapi melakukannya secara teratur menunjukkan perhatian, yang akan membuat mereka merasa disayang.

7. Jangan Meninggikan Nada Bicara Anda

Bahkan saat Anda stres dan mudah tersinggung karena masalah, jangan pernah meninggikan nada bicara Anda kepada orang tua. Mengangkat suara berarti tidak hormat. Jadi, ingatlah untuk bersikap baik dan lembut kepada orang tua Anda setiap kali Anda berbicara dengan mereka.

8. Hormati Sudut Pandang

Mereka mungkin orang tua Anda, tetapi tetap saja, Anda berbeda dari mereka. Oleh karena itu, adalah normal untuk memiliki pendapat yang bertentangan dengan mereka. 

Bahkan jika Anda memiliki ide dan persepsi yang bertentangan, penting untuk tetap menghormati orang tua Anda. Hindari bersikeras pada poin Anda dan mengkritik pandangan mereka.

9. Hindari Berdebat

Jangan berdebat dengan orang tua Anda. Jika Anda tidak setuju dengan mereka, cobalah untuk menjelaskan pikiran Anda dengan tenang. Jika Anda tergoda untuk meninggikan suara atau berdebat dengan mereka, pilihlah untuk tetap diam atau permisi untuk pergi.

10. Dengarkan dengan Penuh Perhatian

Setiap kali Anda bertemu dengan orang tua Anda, atau mereka berbagi sesuatu dengan Anda, beri mereka perhatian penuh Anda. Biarkan mereka merasa bahwa Anda ingin mendengarkan mereka, tidak peduli seberapa sibuknya Anda.

4 dari 5 halaman

Cara Sederhana Menunjukan Rasa Sayang kepada Orang Tua

11. Jangan Terlihat Bosan saat Berbicara dengan Mereka

Tunjukkan kepada orang tua Anda bahwa Anda tertarik untuk berbicara atau mendengarkan mereka. Hindari menunjukkan tanda-tanda kebosanan atau ketaksabaran, seperti memeriksa arloji Anda sesekali saat mereka berbicara.

12. Perhatikan Mereka saat Berbicara

Setiap kali Anda berbicara dengan orang tua Anda, biarkan mereka merasa bahwa Anda memperhatikan dengan saksama. Hindari memeriksa ponsel Anda atau menggulir di media sosial. Atau matikan televisi dan singkirkan laptop Anda.

13. Merawat ketika Sakit dan Beranjak Tua

Orang tua Anda merawat Anda ketika Anda masih kecil, termasuk setiap kali Anda sakit. Sekarang mereka bertambah tua, sekarang saatnya untuk membalas budi. Pastikan kebutuhan dan keamanan mereka terjamin. 

Kemudian, jika mereka sakit, ada di sisi mereka dan yakinkan mereka bahwa Anda tidak akan pernah meninggalkan mereka.

14. Berhenti Menyimpan Dendam Masa Kecil

Jika Anda memiliki masalah dengan orang tua Anda sejak kecil, pilihlah untuk memaafkan mereka. Ingatlah bahwa ibu dan ayah Anda makin tua, dan Anda tidak akan memiliki mereka selamanya. Karena itu, jangan buang waktu lagi dan mulailah membuat kenangan indah bersama mereka.

15. Ajak Mereka Berkencan

Orang tua Anda senang menghabiskan waktu bersama Anda. Bahkan berjalan-jalan ke taman, makan camilan di restoran cepat saji terdekat, atau kunjungan yang tidak direncanakan ke bioskop akan membuat mereka senang.

5 dari 5 halaman

Cara Sederhana Menunjukan Rasa Sayang kepada Orang Tua

16. Menyelenggarakan Reuni Keluarga

Orang tua rindu Anda dan adik-adik Anda lengkap di rumah. Bahkan jika Anda semua memiliki kehidupan sendiri untuk dijalani sekarang, jangan lupa kumpul-kumpul, terutama pada acara-acara khusus, seperti Natal. Orang tua Anda akan menantikan reuni keluarga ini.

17. Bawa Mereka Liburan

Orang tua Anda pasti telah mengabdikan hidup mereka untuk bekerja keras untuk kebutuhan Anda. Mereka mungkin tidak punya waktu dan anggaran untuk bersenang-senang ketika mereka masih muda. 

Sekarang, jika Anda mampu, mengapa tidak memperlakukan mereka dengan perjalanan liburan? Tidak harus ke luar negeri. Anda dapat membawa mereka ke pantai lokal untuk memulai.

18. Peluk Sesering Mungkin

Anda tidak akan selalu memiliki kesempatan untuk memeluk orang tua Anda. Karena itu, lakukanlah setiap kali Anda memiliki kesempatan. Peluk mereka setiap kali Anda tiba di rumah atau ketika Anda akan pergi. Anda juga bisa memeluknya saat Anda senang atau sedih.

 19. Biarkan Anak Anda Bermain dengan Mereka

Jika Anda sudah memiliki anak, ibu dan ayah Anda pasti akan senang bermain dengan anak-anak Anda. Biarkan mereka sesekali memanjakan anak Anda. Biarkan mereka merasakan kegembiraan dikelilingi oleh anak-anak kecil lagi. 

Yang pasti, terkadang mereka berharap bisa memutar kembali waktu saat Anda masih balita dan bergantung pada mereka.

20. Ucapkan Terima Kasih atas Kerja Keras Mereka

Pernahkah Anda memberi tahu orang tua Anda betapa bersyukurnya Anda atas semua yang telah mereka lakukan untuk Anda? Jika belum, lakukan sekarang. 

Berterima kasihlah kepada mereka karena telah melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Terima kasih atas pengorbanan mereka. Rasa terima kasih Anda akan sangat berarti bagi mereka.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer