Sukses


6 Manfaat Vaksinasi COVID-19 yang Wajib Diketahui, Jangan Ragu Lagi!

Bola.com, Jakarta - Beragam upaya telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengatasi pandemi COVID-19. Satu di antara upaya yang dinilai paling efektif untuk memutus rantai penularan virus corona yang masih berlangsung ialah pemberian vaksin kepada seluruh lapisan masyarakat.

Pelaksanaan program vaksinasi ini dilakukan demi melengkapi upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yang sejauh ini juga telah dilakukan, yakni penerapan perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas).

Diharapkan masyarakat yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 bisa memiliki kekebalan terhadap virus corona tanpa harus terinfeksi terlebih dahulu. 

Saat ini, program vaksinasi COVID-19 terus dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Sudahkan Anda menerima vaksin COVID-19? Atau Anda malah belum mendaftar karena masih ragu?

Anda tidak perlu khawatir, vaksin COVID-19 sudah dinyatakan aman oleh BPOM serta dinyatakan halal oleh MUI, meski memiliki beberapa efek samping.

Perlu ditekankan, program vaksinasi COVID-19 sebagai bentuk antisipasi supaya virus corona tidak masuk ke tubuh dan Anda dapat mencegah penularannya.

Melakukan vaksin COVID-19 mendatangkan beberapa manfaat lain. Nah, kira-kira apa saja manfaat yang diperoleh melakukan vaksin COVID-19?

Berikut ini sederet manfaat vaksinasi COVID-19 yang wajib diketahui masyarakat, seperti dikutip dari laman Puskesmaspenrang dan Dishub.kotawaringinbaratkab, Jumat (20/8/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Vaksinasi COVID-19

1. Menciptakan respons antibodi

Manfaat vaksin COVID-19 yang pertama adalah menciptakan respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok.

Sel T membantu mencocokkan fragmen dengan sel B. Jika ada yang cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh.

2. Mencegah terkena virus COVID-19

Manfaat vaksin COVID-19 kedua adalah mencegah virus masuk ke tubuh. Suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin. Akibatnya, tubuh individu akan kebal pada SARS-CoV-2.

3 dari 4 halaman

Manfaat Vaksinasi COVID-19

3. Menghentikan virus

Manfaat vaksin COVID-19 berikutnya adalah menghentikan virus menyebar ke seluruh tubuh. Vaksin akan merangsang imun tubuh yang dihasilkan oleh sel B dan menghentikan virus COVID-19 masuk ke tubuh.

4. Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19

Vaksin COVID-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus corona. Dengan begitu, risiko Anda untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.

Kalau pun seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun.

4 dari 4 halaman

Manfaat Vaksinasi COVID-19

5. Mendorong terbentuknya herd immunity

Seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus corona sangat kecil.

Bila diberikan secara massal, vaksin COVID-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat. Hal ini berarti, orang yang belum bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

Kendati demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakat, penelitian menyebutkan bahwa minimal 70 persen penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.

6. Meminimalkan dampak ekonomi dan sosial

Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti semula.

 

Sumber: Puskesmaspenrang.com, Dishub.kotawaringinbaratkab.go.id

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer