Sukses


Cara Membuat Masker Kain 3 Lapis Menurut WHO, Mudah Banget

Bola.com, Jakarta - Pemberian vaksin menjadi solusi paling tepat untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona penyebab COVID-19. Vaksin COVID-19 yang disuntikkan akan mendorong tubuh membentuk antibodi yang berguna melawan infeksi virus corona.

Hingga saat ini proses penyaluran vaksin COVID-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia terus berlangsung. Di Indonesia, program vaksinasi sudah berjalan sejak awal tahun 2021 dan masih berjalan hingga sekarang.

Meski vaksinasi telah dijalankan di berbagai negara, termasuk Indonesia, masyarakat diminta tetap waspada dan patuh protokol kesehatan karena pandemi virus corona belum berakhir.

Satu di antara pencegahan yang utama dari virus corona penyebab COVID-19 dengan disiplin menggunakan masker, terutama saat berada di tempat umum.

Namun, untuk mengurangi sampah masker medis atau masker sekali pakai yang mengancam lingkungan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan tips cara membuat masker kain dan lapisan apa saja yang harus ada.

Selain itu, penggunaan masker kain juga bisa menghemat biaya karena bisa digunakan kembali, dengan catatan harus dicuci terlebih dahulu.

Melansir dari laman Indonesiabaik.id, Minggu (22/8/2021), berikut ini cara membuat masker kain tiga lapis menurut WHO yang mudah dan praktis.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Masker

Bahan Masker

Melalui akun Twitter resmi WHO, ada tiga lapisan bahan yang dianjurkan untuk membuat masker kain. Penelitian terbaru menunjukkan, masker kain paling efektif terbuat dari tiga lapisan, yaitu:

  • Lapisan dalam dari bahan penyerap seperti kain katun untuk menyerap droplet dari napas.
  • Lapisan tengah bahan bukan tenunan seperti polipropilen untuk meningkatkan penyaringan.
  • Lapisan luar dari bahan non-absordben, seperti poliester atau campuran poliester untuk mengusir droplet.

 

Cara Membuat Masker Kain Menurut WHO

1. Buatlah template atau pola masker menggunakan kertas.

2. Setelah itu, gunting kain sesuai pola tersebut. Kemudian, jahit kain yang sudah dibuat pola tersebut.

3. Ketika memasang lapisan pertama dan kedua masker, buat satu jalur untuk tempat penyangga.

4. Penyangga ini bisa berupa logam kecil yang dapat ditekuk menyesuaikan bentuk hidung atau plastik. Penyangga tersebut dapat ditemukan di toko-toko.

5. Masukkan penyangga pada jalur di bagian atas masker, kemudian tekan bagian itu mengikuti bentuk hidung.

6. Terakhir beri rongga pada sisi kanan dan sisi kiri masker. Hal ini agar lapisan ketiga yang merupakan bahan anti droplet, mudah untuk digeser atau diganti.

Video Populer

Foto Populer