Sukses


Tujuan Permainan Sepak Bola yang Perlu Diketahui dan Dipahami

Bola.com, Jakarta - Sepak bola adalah satu di antara jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dalam bentuk tim. Dalam setiap tim sepak bola terdiri dari 11 orang, termasuk satu orang penjaga gawang.

Tak bisa dimungkiri sepak bola termasuk olahraga paling populer di dunia. Banyak kejuaraan bergengsi di dunia yang mempertandingkan tim-tim sepak bola.

Kini, hampir masing-masing daerah di suatu negara, termasuk Indonesia, memiliki klub sepak bola unggulannya sendiri. Klub-klub sepak bola tersebut akan berupaya menampilkan permainan baik agar mendapatkan prestasi.

Dalam olahraga sepak bola sangat membutuhkan keterampilan pada gerakan kaki dan tungkai. Olahraga sepak bola dilakukan dalam dua babak, di mana pada setiap babak terdiri dari 45 menit.

Adapun tujuan utama permaianan sepak bola ialah memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak-banyaknya dan berusaha menjaga gawang sendiri agar tidak kebobolan.

Selain dua tujuan tersebut masih ada beberapa tujuan lain dari permainan sepak bola. Apa saja tujuan dalam permainan sepak bola?

Berikut ini rangkuman tentang tujuan permainan sepak bola yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman blog.ub.ac.id, Selasa (24/8/2021). 

2 dari 6 halaman

Tujuan Permainan Sepak Bola

Mencetak Gol

Permainan sepak bola memiliki tujuan utama mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan. Setiap tim akan berupaya mendapatkan skor sebanyak mungkin agar bisa memenangkan pertandingan tersebut.

Mengasah Kecerdasan Otak

Tujuan permainan sepak bola lainnya adalah mengasah kecerdasan otak. Sebagian orang mungkin berpikir bermain bola hanya menggunakan fisik saja, namun tidak seperti itu.

Dalam pertandingan sepak bola setiap tim menggunakan strategi. Maka dari itu, para pemain maupun pelatih harus memiliki pemikiran yang cerdik agar mampu menaklukkan lawan.

3 dari 6 halaman

Tujuan Permainan Sepak Bola

Menjaga Kesehatan Tubuh

Adapun tujuan permainan sepak bola paling penting adalah menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya sepak bola saja, tetapi semua cabang olahraga pastinya memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dalam permainan sepak bola, seorang pemain akan terus berlatih fisik maupun mental, dengan begitu kebugaran para pemain akan tetap terjaga.

4 dari 6 halaman

Tujuan Permainan Sepak Bola

Meraih Prestasi

Tujuan berikutnya, yakni meraih prestasi sebanyak mungkin. Para pemain yang tergabung dalam klub bola pastinya sudah memiliki keinginan dan tekad yang besar.

Saat sudah menjadi pemain bola, akan berusaha sekuat tenaga dan pikiran demi meraih prestasi sebanyak mungkin.

Dengan meraih prestasi, seseorang secara tidak langsung mengharumkan namanya sendiri, keluarga, klub, daerah, dan negara.

5 dari 6 halaman

Tujuan Permainan Sepak Bola

Meraih Kemenangan

Tujuan lain dari permainan sepak bola adalah meraih kemenangan. Dengan mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan dan menjaga gawang sendiri dari kebobolan, membuat tim akan meraih kemenangan.

Sebagai cabang olahraga yang bergengsi, mendapat kemenangan adalah hal penting. Hal itu untuk menarik perhatian dunia dan demi mendapatkan penghargaan serta kehormatan.

Maka tidak heran setiap klub akan mengerahkan seluruh kemampuannya baik tenaga, pikiran, dan mentalnya demi meraih kemenangan.

6 dari 6 halaman

Tujuan Permainan Sepak Bola

Menciptakan Solidaritas

Hampir seluruh cabang olahraga bertujuan untuk melatih kekompakan dan meningkatkan solidaritas antarpemain, termasuk sepak bola. Dengan begitu akan tercipta rasa saling melengkapi dan mengisi kekurangan di antara para pemain tersebut.

 

Sumber: blog.ub.ac.id

Video Populer

Foto Populer