Sukses


7 Cara Mengatasi Stres akibat Pandemi COVID-19 Tak Kunjung Usai

Bola.com, Jakarta - Menghadapi pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir berdampak besar pada kehidupan banyak orang. Kondisi ini berpotensi membuat banyak orang merasa bosan, terisolasi dan kesepian, serta bisa meningkatkan stres dan kecemasan karena kehilangan kebebasan yang sebelumnya bisa didapatkan.

Apakah Anda satu di antaranya yang mengalami hal itu? Perlu ditekankan, kondisi tersebut sangat manusiawi. Itu emosi yang wajar dirasakan oleh semua orang di masa pandemi COVID-19.

Hanya, jangan sampai kondisi tersebut kegiatan Anda. Perlu diketahui pula, jika Anda mengalami stres justru akan membuat sistem imunitas tubuh lemah dan lebih rentan terifeksi virus corona penyebab COVID-19.

Alhasil, penting untuk bisa mengatasi stres dan bosan dengan cara yang sehat di masa pandemi ini. Sehat secara mental akan membuat diri secara pribadi, orang yang disayangi, dan orang-orang di sekitar menjadi lebih kuat menghadapi pandemi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi stres di tengah pandemi COVID-19? Berikut beberapa upaya yang bisa Anda lakukan, dilansir dari laman mhe-sme.org, Rabu (25/8/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Stres saat Pandemi COVID-19

1. Lakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga. Berolahraga secara teratur membantu mengatasi stres saat pandemi COVID-19, mengurangi kecemasan, dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

2. Kendalikan pernapasan Anda, 3-5 menit untuk mengatur asupan oksigen. Anda bisa melakukannya selama seperempat jam atau lebih sehari. Cara mengatasi stress satu ini juga cocok untuk mengatur mood dan perasaan cemas.

3. Dalam pekerjaan, jaga komunikasi diiringi rasa empati dan penuh kasih untuk melindungi kesehatan mental dan kesejahteraan selama pandemi.

4. Luangkan waktu untuk berinterkasi dengan orang lain. Selama pandemi COVID-19 Anda mungkin tidak bisa keluar rumah, tetapi teknologi saat ini memberi kemudahan untuk tetap terhubung dengan orang lain untuk mencegah diri mengalami stres.

Tetap terkoneksi dengan orang terdekat terbukti menjadi cara mengatasi stres yang ampuh.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Stres saat Pandemi COVID-19

5. Keseimbangan kehidupan kerja, hal ini berarti mengetahui bagaimana Anda mencari keseimbangan serta kenyamanan dalam pekerjaan dan di luar pekerjaan Anda.

6. Tetapkan batasan seputar berita tentang COVID-19. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti ini, menjadi hal bagus untuk tetap update dengan berbagai informasi terkini.

Tetapi, mendengar atau membaca berita tentang pandemi terus-menerus bisa membuat kesal. Hal ini karena Anda dihadapkan pada kenyataan yang tidak diinginkan. 

Informasi tersebut secara tidak langsung akan membuat Anda makin stres. Maka cara mengatasi stres selanjutnya adalah, beristirahatlah dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk informasi yang ada di media sosial tentang COVID-19

7. Habiskan waktu di alam yang dapat membantu menurunkan kadar hormon stres. Menghabiskan 20 menit untuk berhubungan dengan alam dapat membantu menurunkan kadar hormon stres. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu memiliki efek positif pada kesehatan mental.

Video Populer

Foto Populer